PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI REGULASI DIRI DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DI PERGURUAN TINGGI “X” YOGYAKARTA

Asti Kusuma Wardani, NIM. 14710018 (2019) PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI REGULASI DIRI DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DI PERGURUAN TINGGI “X” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI REGULASI DIRI DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DI PERGURUAN TINGGI “X” YOGYAKARTA)
14710018_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI REGULASI DIRI DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DI PERGURUAN TINGGI “X” YOGYAKARTA)
14710018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa adalah individu yang mulai berkembang untuk menyiapkan diri mereka dalam bertannggung-jawab menjadi individu dewasa. Pada masa perkuliahan, mahasiswa memiliki sistem waktu yang bebas. Mahasiswa yang bekerja biasanya memiliki masalah dengan manajemen waktunya. Hal tesebut dapat berpengaruh dengan akademik di kuliahnya. Mereka biasanya kesulitan dalam mengerjakan tugas akademiknya. Prokrastinasi muncul karena mahasiswa yang bekerja memiliki banyak aktivitas selain berkuliah. Faktor internal yang memperngaruhi prokrastinasi akademik adalah regulasi diri dan adversity quotient. Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi antara regulasi diri dan adversity quotient dengan prokratinasi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data diperoleh dengan menyebar skala likert kepada 100 orang mahasiswa yang kuliah dan bekerja di Perguruan Tinggi “X”. Analisis menggunakan teknik analisis regresi berganda dengan SPSS 16. Hasil analisis data menunjukkan angka signifikansi sebesar 0,000 (p<0,005) dengan nilai F anova sebesar 22.634. Hal tesebut menunjukkan bahwa hipotesis mayor diterima yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara regulasi diri dan adversity quotient dengan prokrastinasi akademik. Sumbangan efektif variabel regulasi diri dan adversity quotient dengan prokrastinasi akademik memiliki presentase sebesar 30,4% dan 69,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Hipotesis minor menunjukkan korelasi antara regulasi diri dan prokrastinasi akademik dengan koefisen beta sebesar -0,251. Hipotesis minor kedua menunjukkan korelasi antara adversity quotient dan prokrastinasi akademik dengan koefisien beta sebesar -0,364.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mayreyna Nurwardani, S.Psi., M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: mahasiswa paruh waktu, prokrastinasi akademik, regulasi diri, adversity quotient
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Jul 2019 13:22
Last Modified: 04 Jul 2019 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35477

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum