PEMODELAN KECEPATAN GELOMBANG P (vp) TERHADAP PERUBAHAN SATURASI AIR PADA BATUPASIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIOT-GASSMANN

Alfin Nur Iman, NIM. 11620028 (2019) PEMODELAN KECEPATAN GELOMBANG P (vp) TERHADAP PERUBAHAN SATURASI AIR PADA BATUPASIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIOT-GASSMANN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN KECEPATAN GELOMBANG P (vp) TERHADAP PERUBAHAN SATURASI AIR PADA BATUPASIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIOT-GASSMANN)
11620028_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN KECEPATAN GELOMBANG P (vp) TERHADAP PERUBAHAN SATURASI AIR PADA BATUPASIR DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIOT-GASSMANN)
11620028_BAB_II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian Pemodelan Kecepatan Gelombang P terhadap Perubahan Satuarasi Air pada Batupasir dengan Menggunakan Metode Biot- Gassmann di Laboratorium Fisika UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan hubungan kecepatan gelombang P berdasarkan perubahan parameter elastisitas dan saturasi air pada batupasir Ngrayong dan mineral kuarsa dan lempung, dan mengetahui hubungan variasi kecepatan gelombang P sebagai fungsi parameter fisis batuan. Parameter-parameter elastisitas batuan yang diinput untuk mencari kecepatan gelombang P berdasarkan variasi saturasi air adalah rasio poisson, modulus padatan, dan modulus geser mineral kuarsa dan lempung. Pengolahan data pada matlab menghasilkan data perekaman pada masing-masing geophone berupa seismogram yang digunakan untuk menentuan nilai kecepatan gelombang P. Data kecepatan gelombang P kemudian di plot ke dalam bentuk grafik. Hasil dari pengolahan data diperoleh 4 buah grafik, yaitu hubungan kecepatan gelombang P sebagai fungsi variasi parameter saturasi air, porositas, modulus padatan, dan rasio poisson untuk masing-masing batupasir Ngrayong dan mineral kuarsa dan lempung. Kecepatan gelombang P pada batupasir Ngrayong dan mineral kuarsa dan lempung menunjukkan grafik yang berbanding terbalik dengan saturasi air. Informasi yang dapat diidentifikasikan dari hasil penelitian variasi saturasi air pada batupasir Ngrayong memiliki kecepatan yang lebih rendah dibanding pada mineral kuarsa dan lempung, sedangkan pada variasi parameter elastisitas memberikan informasi bahwa mineral kuarsa dan lempung merupakan jenis batuan berpori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Thaqibul Fikri Niyatama, S.S., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kecepatan Gelombang P, Saturasi Air, Sandstone, Biot-Gassmann
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jul 2019 09:26
Last Modified: 05 Jul 2019 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum