PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENILAI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS

Rilani Esti Mulyana, NIM. 14690036 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENILAI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENILAI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS)
14690036_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENILAI KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS)
14690036_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan sebagai berikut: (1) menghasilkan instrumen tes untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi, (2) mengetahui kualitas soal-soal untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang telah dihasilkan, dan (3) mengetahui profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dihasilkan dengan soal yang dikembangkan. Prosedur pengembangan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono meliputi mengidentifikasi potensi dan masalah, mengumpulkan informasi dan studi literatur, mendesain produk, menvalidasi desain, merevisi desain, uji coba produk, merevisi produk awal yang telah diujicobakan, dan uji coba produk yang telah direvisi. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA N 1 Kasihan. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes yang dikerjakan siswa. Instrumen tes untuk menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa telah melalui beberapa kali tahap revisi berdasarkan saran dan masukan validator, penilai dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil yang diperoleh yang sudah melalui beberapa tahap dihasilkan instrumen tes yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan memiliki validitas teoritik baik, reliabel, daya beda rata rata sangat baik, tingkat kesukaran rata-rata sedang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI di SMA N 1 Kasihan 8,82% dalam kategori sangat baik, 48,03% dalam kategori baik, 31,37% dalam kategori cukup, dan 11,76% dalam kategori kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Daimul Hasanah M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Instrumen Tes, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Fluida Statis
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 05 Jul 2019 09:51
Last Modified: 05 Jul 2019 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum