PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, UMUR PERUSAHAAN, DAN TIPE INDUSTRI TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2013-2017

SINTIA DWI SAPUTRI, NIM. 15840017 (2019) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, UMUR PERUSAHAAN, DAN TIPE INDUSTRI TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2013-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, UMUR PERUSAHAAN, DAN TIPE INDUSTRI TERHADAP ENVIRONMENTAL DISCLOSURE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA TAHUN 2013-2017)
15840017_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
15840017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Banyaknya kasus pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh kurangnya kesadaran para pelaku usaha dalam memperhatikan kelestarian lingkungan usahanya menyebabkan diperlukan adanya pengungkapan lingkungan sebagai suatu bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap lingkungan. Selain itu, para investor saat ini juga akan mempertimbangkan kinerja lingkungan suatu perusahaan sebelum menentukan keputusan investasinya. Hal tersebut membuat pengungkapan lingkungan menjadi sesuatu yang penting untuk diperhatikan oleh setiap pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, umur perusahaan, dan tipe industri pada environmental disclosure. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia pada 2013-2017 dengan total sampel 36 perusahaan. Metode pengambilan sampel adalah metode purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan laporan tahunan dari perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 25. Hasilnya menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan tipe industri memiliki pengaruh positif pada environmental disclosure. Sementara profitabilitas dan leverage tidak berpengaruh pada environmental disclosure. Kata Kunci: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, Tipe Industri, Environmental Disclosure.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE.,M.Si.,Ak,CA,ACPA
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Umur Perusahaan, Tipe Industri, Environmental Disclosure.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:44
Last Modified: 18 Feb 2020 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum