PENGARUH SIFAT KEPRIBADIAN AGREEABLENESS, MACHIAVELLIANISME, INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN EKSTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MANIPULASI AKUNTANSI

AINI SWASTIKA RANNY, NIM : 15840051 (2019) PENGARUH SIFAT KEPRIBADIAN AGREEABLENESS, MACHIAVELLIANISME, INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN EKSTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MANIPULASI AKUNTANSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIFAT KEPRIBADIAN AGREEABLENESS, MACHIAVELLIANISME, INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN EKSTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MANIPULASI AKUNTANSI)
15840051_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIFAT KEPRIBADIAN AGREEABLENESS, MACHIAVELLIANISME, INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN EKSTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP MANIPULASI AKUNTANSI)
15840051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tindakan manipulasi akuntansi sering kali dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Secara teoritik hal ini dianggap objektifikasi akuntansi itu sendiri. Meski demikian, dalam praktiknya, manipulasi akuntansi dilakukan dengan dukungan faktor internal dan eksternal yang mendorong seseorang melakukan manipulasi akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang manipulasi akuntansi dengan sifat kepribadian yang mempengaruhinya. Variabel sifat kepribadian dalam penelitian ini ada empat yaitu agreeableness, machiavellianisme, internal locus of control dan eksternal locus of control. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan menggunakan media kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan IAIN Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji R-square, dan uji hipotesis dengan menggunakan alat uji WarpPLS versi 6.0. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa agreeableness berpengaruh negatif signifikan terhadap manipulasi akuntansi dengan nilai p-value sebesar 0,001 dan path coeffisient sebesar -0,201. Machiavellianisme berpengaruh positif signifikan terhadap manipulasi akuntansi dengan nilai p-value sebesar 0,004 dan path coeffisient sebesar 0,180. Internal locus of control berpengaruh positif signifikan terhadap manipulasi akuntansi dengan nilai p-value sebesar 0,025 dan path coeffisient sebesar 0,131. Eksternal locus of control berpengaruh positif signifikan terhadap manipulasi akuntansi dengan nilai p-value sebesar 0,008 dan path coeffisient sebesar 0,161. Hasil penelitian ini secara teoritik berimplikasi pada etika moral mahasiswa yang belum tumbuh dengan baik di lingkungan kampus maupun keluarga. Moralitas mahasiswa dihadapkan pada upaya menghindari perilaku tidak etis seperti manipulasi akuntansi. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan tentang pentingnya peninjauan ulang mengenai etika moral mahasiswa program studi akuntansi syariah. Kata kunci: Agreeableness, Machiavellianisme, Internal Locus of Control, Eksternal Locus of Control dan Manipulasi Akuntansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibi Satibi, S.H.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Agreeableness, Machiavellianisme, Internal Locus of Control, Eksternal Locus of Control dan Manipulasi Akuntansi.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:47
Last Modified: 18 Feb 2020 08:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum