FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN DENGAN AGRESIVITAS PELAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2013-2017)

MOCHAMAD ALDY AFRIZAL, 15840060 (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN DENGAN AGRESIVITAS PELAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2013-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN DENGAN AGRESIVITAS PELAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2013-2017))
15840060_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN DENGAN AGRESIVITAS PELAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di ISSI Tahun 2013-2017))
15840060_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris atas faktor-faktor yang mempengaruhi agresivitas pajak perusahaan dengan agresivitas pelaporan keuangan sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di ISSI pada tahun 2013-2017 dengan jumlah sampel sebanyak 44 perusahaan. Metode pemilihan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan periode yang diteliti selama 5 tahun dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi data panel dan diproses menggunakan EViews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel likuiditas, leverage, intensitas modal, dan komisaris independen berpengaruh terhadap agresivitas pajak perusahaan. Hasil penelitian secara individu menunjukkan bahwa variabel likuiditas dan leverage berpengaruh positif terhadap agresivitas pajak perusahaan yang diukur menggunakan CETR, sedangkan intensitas modal dan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak perusahaan. Secara statistik, moderasi agresivitas pelaporan keuangan berpengaruh negatif atas hubungan likuiditas dan leverage terhadap agresivitas pajak perusahaan, sedangkan moderasi agresivitas pelaporan keuangan berpengaruh positif atas hubungan intensitas modal dan komisaris independen terhadap agresivitas pajak perusahaan. Kata Kunci: Likuiditas, Leverage, Intensitas Modal, Komisaris Independen, Agresivitas Pelaporan Keuangan, dan Agresivitas Pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Arsyadi Ridha, S.E., M.SC.
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Leverage, Intensitas Modal, Komisaris Independen, Agresivitas Pelaporan Keuangan, dan Agresivitas Pajak.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2020 08:48
Last Modified: 18 Feb 2020 08:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum