PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI)

DIAN NOVITA, NIM. 15840052 (2019) PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI))
15840052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI))
15840052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Enterprise Risk Management (ERM) yang terintegrasi dengan corporate governance sebagai pendekatan yang strategis untuk mengelola suatu risiko di perusahaan. Perusahaan cenderung mengambil pendekatan yang terintegrasi daripada melihat manajemen risiko dari perspektif tradisional. Dalam mengimplementasikan ERM tersebut diperlukan kerjasama antara pihak yang terkait meliputi seluruh alur proses pengidentifikasian risiko hingga pengalokasian tugas dan tanggung jawab. Corporate governance berfungsi sebagai mekanisme pemantauan perusahaan yang terjadi akibat konflik kepentingan antara agent dan principle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengungkapan ERM, frekuensi rapat direksi, dan frekuensi rapat komite audit terhadap kinerja perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) sektor manufaktur tahun 2015-2017. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan sampel sebesar 42 perusahaan. Penerapan ERM diukur berdasarkan indeks ERM dengan menggunakan delapan dimensi kerangka ERM COSO. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi data panel random effect model digunakan untuk mengetahui pengaruh dari pengungkapan ERM, frekuensi rapat direksi, dan frekuensi rapat komite audit terhadap kinerja perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pengungkapan ERM, frekuensi rapat direksi, dan frekuensi rapat komite audit berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Sementara secara parsial ERM berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, frekuensi rapat direksi berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan, dan frekuensi rapat komite audit tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Kata kunci: Enterprise Risk Management, Frekuensi Rapat Direksi, Frekuensi Rapat Komite Audit, Kinerja Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Haris, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: kunci: Enterprise Risk Management, Frekuensi Rapat Direksi, Frekuensi Rapat Komite Audit, Kinerja Perusahaan.
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Jul 2019 13:05
Last Modified: 08 Jul 2019 13:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35548

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum