OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 5 YOGYAKARTA

Apriliya Mayasari, NIM. 15410086 (2019) OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 5 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 5 YOGYAKARTA)
15410086_BAB 1_BAB_ TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 5 YOGYAKARTA)
15410086_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Apriliya Mayasari. Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Sekolah dalam Menunjang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Perpustakaan sekolah, sebagai salah satu sarana prasarana sekolah, merupakan penyedia sumber belajar yang berfungsi untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Pentingnya dukungan sarana dan prasarana sekolah ditetapkan pada Bab XII Pasal 45 dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Di dalam Undang-Undang tersebut, disebutkan bahwa setiap satuan pendidikan formal dan non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik. Oleh karena itu, setiap sekolah yang diselengarakan oleh pemerintah maupun masyarakat perlu menyediakan sarana sumber belajar yang memadai, salah satunya adalah perpustakaan sekolah (school library). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana langkah-langkah guru PAI dalam mengoptimalisasi fungsi perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam menunjang pembelajaran PAI. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskirptif tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, melainkan hanya mengambarkan keadaan apa adanya. Penulis menggunakan metode dokumentasi, wawancara, dan observasi dalam mengumpulkan data di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perpustakaan SMP N 5 Yogyakarta telah berperan dengan baik sebagai salah satu penyedia sumber belajar bagi peserta didik dalam membantu mencapai tujuan pembelajaran PAI, 2) Cara yang dilakukan oleh guru PAI untuk mengoptimalkan fungsi perpustakaan yaitu dengan cara guru PAI bekerjasama dengan pustakawan, untuk mengadakan pembelajaran di perpustakaan. Kemudian Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari jawaban di perpustakaan, dan menggalakkan budaya literasi dengan cara tugas yang dikerjakan dibuat dalam bentuk soft copy, 3) Hasil yang didapatkan setelah proses optimalisasi perpustakaan oleh guru PAI, yaitu peserta didik menjadi lebih kreatif, belajar mandiri, dan meningkatkan minat baca peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.,
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Guru PAI, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 11:16
Last Modified: 25 Feb 2020 11:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35618

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum