KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS BERLATAR BELAKANG NONKEPENDIDIKAN DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Muhammad Bahruddin Yusuf, NIM. 15410113 (2019) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS BERLATAR BELAKANG NONKEPENDIDIKAN DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS BERLATAR BELAKANG NONKEPENDIDIKAN DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
15410113_BAB-I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS BERLATAR BELAKANG NONKEPENDIDIKAN DI MTs IBNUL QOYYIM PUTRA PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
15410113_BAB-II_S.D._SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Bahruddin Yusuf. Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis Berlatar Belakang Nonkependidikan Di MTs Ibnul Qoyyim Putra Piyungan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarat: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah guru memiliki peran sentral dalam keberhasilan penyelenggaraan program pendidikan. Penurunan rendahnya kualitas guru yang disebabkan adanya guru mengajar tidak sesuai dengan bidangnya dan bahkan terdapat guru yang mengajar bidang lulusan dari nonkependidikan. Walaupun, tidak dapat dipungkiri bahwa guru tersebut mampu menguasai materi pelajaran, tetapi selalu terbentur dalam menyajikan materi berkaitan dengan kompetensi pedagogik. Di MTs Ibnul Qoyyim Putra terdapat guru mata pelajaran Al- Qur’an Hadis yang berlatar belakang dari nonkependidikan. Padahal profesi guru hanya dapat dilakukan oleh sesorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis berlatar belakang nonkependidikan dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik di Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putra Piyungan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research bersifat kualitatif, dengan menggunakan pendekatan manajemen personalia pendidikan, mengambil latar Madrasah Tsanawiyah Ibnul Qoyyim Putra Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, trianggulasi, display data dan verification/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi pedagogik yang dimiliki guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis berlatar belakang nonkependidikan yaitu: Guru baik dalam memberikan pemahaman terhadap peserta didik. Guru melakukan perancangan pembelajaran. Guru mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis. Guru sudah memanfaatkan dan menggunakan teknologi pembelajaran. Guru mampu mengadakan evaluasi hasil belajar dengan baik. Guru berperan aktif dalam mengembangkan potensi peserta didik. (2) Upaya yang dilakukan madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru yaitu mengadakan workshop bekerja sama dengan pengawas madrasah, mengikutsertakan pelatihan ustadz-ustadzah oleh lembaga di luar madrasah, mengikutsertakan guru pada forum MGMP, dan mengadakan rapat koordinasi persiapan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 11:28
Last Modified: 25 Feb 2020 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum