DISKURSUS MENGENAI TUHAN DI DALAM DAN DI LUAR METAFISIKA (GOD IS BEING AND GOD WITHOUT BEING)

Muzairi, . (2015) DISKURSUS MENGENAI TUHAN DI DALAM DAN DI LUAR METAFISIKA (GOD IS BEING AND GOD WITHOUT BEING). Discussion Paper. Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (DISKURSUS MENGENAI TUHAN DI DALAM DAN DI LUAR METAFISIKA (GOD IS BEING AND GOD WITHOUT BEING))
Muzairi, . (2015) DISKURSUS MENGENAI TUHAN DI DALAM DAN DI LUAR METAFISIKA (GOD IS BEING AND GOD WITHOUT BEING)..pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kembalinya diskursus mengenai Tuhan dalam filsafat kontemporer dan teologi haruslah dipahami sebagai tanggapan kritis atas cara dan asumsi pembicaraan dalam modemitas tersebut, hasilnya tentu saja bukan lagi sebuah pandangan yang monolitik mengenai Tuhan atau apa yang disebut Nietzsche sebagai mootono-theism, melainkan rupa-rupa pandangan mengenai Tuhandalam kesadaran akan keterbatasan pemahaman manusia akan Tuhan yang transenden. Berbeda dengan filsafat, teologi memang tidak berbicara tentang "ada" secara langsung, namun ia berbicata tentang "Tuhan" yang seringkali diidentikkan dengan "ada" itu sendiri. Dalam proses pembicaraan itu, ada asumsi yang mengandaikan keterpahaman Tuhan (understandability of God), bahwa Tuhan dapat "dibicarakan" dalam kerangka yang kita pahami, dan bahwa penyebutan yang dilekatkan kepada-Nya dengan kerangka itu dapat mewakili "ada"-Nya.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: TUHAN DI DALAM DAN DI LUAR METAFISIKA, (GOD IS BEING AND GOD WITHOUT BEING)
Subjects: Filsafat Islam
Divisions: Paper
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Feb 2020 13:45
Last Modified: 26 Feb 2020 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum