PENGARUH RISK BASED CAPITAL, PREMI, BEBAN KLAIM, DAN HASIL UNDERWRITING TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OJK PERIODE 2014-2017)

ARINI HADIN WADUDHA, NIM:14830038 (2019) PENGARUH RISK BASED CAPITAL, PREMI, BEBAN KLAIM, DAN HASIL UNDERWRITING TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OJK PERIODE 2014-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RISK BASED CAPITAL, PREMI, BEBAN KLAIM, DAN HASIL UNDERWRITING TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OJK PERIODE 2014-2017))
14830038_BAB I_BAB TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RISK BASED CAPITAL, PREMI, BEBAN KLAIM, DAN HASIL UNDERWRITING TERHADAP LABA PERUSAHAAN ASURANSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN ASURANSI JIWA SYARIAH YANG TERDAFTAR DI OJK PERIODE 2014-2017))
14830038_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Asuransi adalah lembaga penghimpun dana yang bersumber dari penerimaan premi asuransi dari masyarakat dan menyalurkannya dengan klaim. Selain penerimaan premi, perusahaan juga menempatkan dananya dalam bentuk investasi. Penyusunan ini bertujuan untuk menganalisis Risk Based Capital (RBC), premi, beban klaim, dan hasil underwriting terhadap laba menggunakan korelasi secara parsial, determinasi dan regresi data panel. Metode pengumpulan data dalam penyusunan tugas akhir adalah metode observasi dan studi dokumentasi menggunakan analisis kuantitatif. Teknik analisa adalah regresi data panel menggunakan software Eviews 9. Data yang digunakan adalah data sekunder diperoleh dari website masingmasing perusahaan. Dari hasil uji koefisien korelasi secara parsial diperoleh hasil premi memiliki hubungan yang signifikan terhadap laba, bernilai positif berarti hubungannya kuat dan searah sedangkan, beban klaim memiliki hubungan yang signifikan terhadap laba, bernilai negatif sebesar - 109861.8 berarti hubungannya kuat dan berlawanan arah, sedangkan RBC dan hasil underwriting tidak memiliki hubungan yang positif dan signifikan. Tetapi variabel independen (Risk Based Capital, premi, beban klaim, hasil underwriting) secara simultan (bersama-sama) menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan terhadap variabel dependen (laba), dan bernilai positif sebesar 0.00000 Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan ada pengaruh yang signifikan sebesar 97.1% dan sisanya 2.9% dipengaruhi faktor lain

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunarsih, S.E., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Risk Based Capital, Premi, Beban Klaim, Underwriting, laba.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Jul 2019 09:19
Last Modified: 15 Jul 2019 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35689

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum