WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Pada Grup Hafids On The Street Q.S As-Sajadah)

NU’MAN FARISI, NIM : 13410097 (2019) WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Pada Grup Hafids On The Street Q.S As-Sajadah). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Pada Grup Hafids On The Street Q.S As-Sajadah))
13410097_BAB I _ IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN (Studi Pada Grup Hafids On The Street Q.S As-Sajadah))
13410097_BAB II _ III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

NU’MAN FARISI. WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran Al-Qur’an (Studi Pada Grup Hafids On The Street). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2018. Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya fitur lengkap yang tersedia dalam WhatsApp dan semakin meluasnya pengguna, maka saling berbagi ilmu pengetahuan dalam hal ini Al-Qur’an dan Hadits melalui media sosial menjadi semakin mudah. Pendidikan atau pembelajaran melalui WhatsApp sangat unik karena jika kita ketahui pendidikan atau pembelajaran umumnya dilakukan di dalam kelas dan guru langsung bertatap muka dengan murid sehingga terjadi interaksi dan timbal balik antara guru dan murid. Berbeda dengan Hafidz On The Street , murid mampu belajar melalui layar handphone tanpa ada interaksi timbal balik antara guru dan murid sehingga murid atau guru tidak mengetahui bagaimana ekspresi wajah dan cara dalam menyampaikan dan menerima pesan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pembelajaran menggunakan media WhatsApp. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana desain pembelajaran Al-Qur’an yang diterapkan Hafidz On The Street dengan media WhatsApp. Apa saja problematika yang terjadi dalam pembelajaran Al-Qur’an dengan media WhatsApp. Bagaimana tingkat keberhasilan program Hafidz On The Street dengan menggunakan media WhatsApp. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif yaitu dengan data reduction, display data, dan conclusion drawing/verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) desain pembelajaran yang diterapkan oleh komunitas Hafidz On The Street dengan menggunakan media WhatsApp adalah menggunakan metode menghafal Al-quran semudah tersenyum. Metode ini merupakan gabungan dari berbagai metode, yaitu. Baby Reading, Quantum Memory, Mind Maping, metode tautan, dan metode visualisasi Al- Qur’an. 2) problem yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan media WhatsApp ketika hp mengalami gangguan yaitu teriset, ataupun susah mendapatkan sinyal, selain itu juga adanya iklan yang muncul pada aktifitas menghafal,kesalahan penulisan format dan perasaan malas karena tertinggal cukup jauh dalam menghafal 3) dalam grup hafalan surah As-Sajadah ikhwan menunjukan bahwa tingkat keberhasilanya cukup baik terbukti dari 27 member 17 diantaranya mencapai hafalan yang istimewa yaitu mampu menghafal mulai dari ayat pertama hingga terakhir dan mampu menghafal ayat perkata, 1 member mendapatkan baik sekali yaitu menghafal hingga ayat ke 28, 1 mendapatkan baik dengan hafalan pada ayat 24-25, sisanya mendapatkan kurang karena ada yang sama sekali tidak mengikuti hafalan, ada yang hanya mencapai ayat 2 saja, namun ada ajuga yang menghafal sampai pada ayat ke 20 dan 21

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd
Uncontrolled Keywords: WhatsApp, Hafidz On The Street, Pembelajaran Al-Qur’an.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 08:44
Last Modified: 28 Feb 2020 08:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35724

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum