PENGARUH PENAMBAHAN PATI BIJI BUAH ALPUKAT (Persae americana mill) TERHADAP BIODEGRADASI BIOPLASTIK KITOSAN TERPLASTISASI SORBITOL PADA MEDIA TANAH DAN AIR SUNGAI

Viki Fathurohman, NIM. 14630035 (2019) PENGARUH PENAMBAHAN PATI BIJI BUAH ALPUKAT (Persae americana mill) TERHADAP BIODEGRADASI BIOPLASTIK KITOSAN TERPLASTISASI SORBITOL PADA MEDIA TANAH DAN AIR SUNGAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENAMBAHAN PATI BIJI BUAH ALPUKAT (Persae americana mill) TERHADAP BIODEGRADASI BIOPLASTIK KITOSAN TERPLASTISASI SORBITOL PADA MEDIA TANAH DAN AIR SUNGAI)
14630035_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENAMBAHAN PATI BIJI BUAH ALPUKAT (Persae americana mill) TERHADAP BIODEGRADASI BIOPLASTIK KITOSAN TERPLASTISASI SORBITOL PADA MEDIA TANAH DAN AIR SUNGAI)
14630035_BAB II_S.D_SEBELUM BAB TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bioplastik dapat dibuat dengan bahan dasar kitosan dengan plasticizer sorbitol dan penambahan pati biji buah alpukat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh penambahan pati biji buah alpukat terjadap sifat mekanik dan biodegradibilitas bioplastik yang diukur berdasarkan susut bobotnya pada media tanah dan air sungai. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, yaitu pembuatan pati biji buah alpukat, pembuatan bioplastik, pengujian sifat mekanik dan karakteristik bioplastik, serta pengujian biodegradasi bioplastik pada media tanah dan air sungai. Variasi penambahan pati biji buah alpukat yang digunakan adalah 0; 0,1; 0,3; 0,5; 0,7; dan 1,4 gram. Pengujian sifat mekanik bioplastik meliputi uji ketebalan, kuat tarik, elongasi, dan modulus Young. Pengujian gugus fungsi bioplastik dilakukan menggunakan FTIR. Biodegradibilitas bioplastik diuji pada media tanah dan air sungai. Bioplastik yang dihasilkan memiliki ketebalan 0,07050 mm, kuat tarik 5,69 MPa, elongasi 14,762 %, dan modulus Young 38,544 MPa. Uji biodegradasi bioplastik diamati dengan pengukuran penurunan massa sampel yang diujikan. Hasil uji biodegradasi pada media tanah dan air sungai menunjukkan tidak ada pengaruh penambahan pati biji buah alpukat yang siginifikan. Bioplastik selama masa uji 12 hari terjadi penurunan massa bioplastik hingga 83,7 % dan 64,7 % pada media tanah dan air sungai. Laju biodegradasi bioplastik pada media tanah lebih cepat dibandingkan pada media air sungai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Imelda Fajriati, M.Si., 2. Endaruji Sedyadi, S.Si., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Bioplastik, Kitosan, Pati Biji Buah Alpukat, Sifat Mekanik, Biodegradasi.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 28 Feb 2020 09:03
Last Modified: 28 Feb 2020 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum