PENGEMBANGAN KOMIK KIMIA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI

Romjah, NIM. 12670035 (2019) PENGEMBANGAN KOMIK KIMIA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KOMIK KIMIA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI)
12670035_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMIK KIMIA BERBASIS LITERASI SAINS DAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM UNTUK PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI)
12670035_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Di era globalisasi ini, sains dan teknologi berkembang secara pesat sehingga peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan literasi sains dan teknologi. Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik adalah dengan mendesain pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan produk berupa komik kimia berbasis literasi sains dan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi hidrolisis garam dan larutan penyangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk, mengetahui karakteristik produk, dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian pendidik kimia SMA/MA serta respon peserta didik kelas XI. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Desseminate) yang dibatasi sampai tahap Development. Produk komik kimia berbasis literasi sains dan teknologi yang dikembangkan dibimbing oleh satu dosen pembimbing, ditinjau oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan tiga orang peer reviewer, dinilai oleh tiga pendidik kimia SMA/MA serta direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XI. Penilaian produk dilakukan dengan memberikan lembar penilaian dan angket respon peserta didik berupa skala Likert 1-4. Penilaian produk meliputi 6 aspek penilaian dengan 20 kriteria dan respon peserta didik meliputi 5 aspek dengan 20 kriteria. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas komik kimia. Komik kimia yang dikembangkan berbasis literasi sains dan teknologi dengan tema pendidikan. Komik kimia yang dikembangkan ini berjudul “KOKI LESANGI” dengan karakteristik produk yaitu isi komik terdiri dari 15 bagian yang membahas ilmu kimia. Komik kimia ini dilengkapi dengan rangkuman, tokoh kimia, dan soal kreatif. Kualitas produk pengembangan komik kimia berbasis literasi sains dan teknologi berdasarkan penilaian pendidik kimia menunjukkan kualitas komik kimia Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 85,825%. Hasil respon peserta didik SMA/MA kelas XI terhadap komik kimia yang dikembangkan menunjukkan kualitas komik kimia Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 88,625%. Berdasarkan hasil tersebut, produk komik kimia yang dikembangkan dapat digunakan sebagai media alternatif dalam belajar kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, komik kimia, literasi sains dan teknologi, hidrolisis garam, larutan penyangga
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:50
Last Modified: 02 Mar 2020 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35772

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum