PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNING (QTL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA

Uswatun Hasanah, NIM. 15670009 (2019) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNING (QTL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNING (QTL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA)
15670009_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING AND LEARNING (QTL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA)
15670009_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Minat belajar merupakan suatu komponen yang memiliki peran penting terhadap hasil belajar. Adanya minat untuk belajar, dapat membantu tercapainya hasil belajar yang baik. Dimana dengan memiliki minat untuk belajar maka ketertarikan dan kecenderungan untuk belajar semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching and Learning (QTL) terhadap minat belajar, dan (2) pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching and Learning (QTL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri 8 Yogyakarta pada materi tata nama senyawa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group pretest and posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol menggunakan model Direct Instruction dan X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching and Learning (QTL). Pengumpulan datanya menggunakan angket minat dan diuji menggunakan uji Mann-Whitney dan soal tes hasil belajar berupa pretest dan posttest dianalisa menggunakan uji Independent Sampel T-Test. Penerapan Model Quantum Teaching and Learning (QTL) berpengaruh signifikan terhadap minat peserta didik, dibuktikan oleh hasil uji statistika angket minat diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 kurang dari 0,05. Adapun penerapan Model Quantum Teaching and Learning (QTL) terhadap hasil belajar juga berpengaruh signifikan, dibuktikan dengan hasil uji statistika soal tes hasil belajar diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Quantum Teaching and Learning (QTL), Minat, Hasil Belajar, Tata Nama Senyawa.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:52
Last Modified: 02 Mar 2020 10:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35782

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum