ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STUKTUR ATOM DAN IKATAN KIMIA

Wardah Ulyana Wijaya, NIM. 15670051 (2019) ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STUKTUR ATOM DAN IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STUKTUR ATOM DAN IKATAN KIMIA)
15670051_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEBUTUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI STUKTUR ATOM DAN IKATAN KIMIA)
15670051_BAB-II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pembelajaran kimia pada materi struktur atom dan ikatan kimia bersifat abstrak. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan belajar menggunakan video animasi. Namun, pengembangan video animasi perlu menyesuaikan kebutuhan peserta didik sehingga dibutuhkan suatu analisis kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik video animasi pembelajan kimia pada materi struktur atom dan ikatan kimia yang dibutuhkan oleh peserta didik di SMA/MA kota Yogyakarta. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Yogyakarta, SMA Negeri 8 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah peserta didik dan guru kimia di SMA/MA kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan angket penilaian contoh video animasi. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan member check. Adapun teknik analisa data penelitian untuk angket penilaian contoh video animasi menggunakan teknik kategorisasi dengan cara mengkonversi data kuantitatif ke data kualitatif, sementara hasil wawancara dan FGD menggunakan metode Miles dan Huberman yang berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik media video animasi pembelajaran kimia materi struktur atom dan ikatan kimia yang baik mencakup aspek musik, suara, narasi, animasi, warna, tulisan dan penyajian. Video animasi materi struktur atom meliputi materi perkembangan model atom dan diberikan keterangan eksperimen mengenai penemuan model atom oleh beberapa ahli, struktur atom, konfigurasi elektron, teori atom Bohr, orbital atom dan bilangan kuantum. Animasi dibuat sederhana dan sesuai dengan cara berpikir peserta didik, penggambaran elektron dan atom harus jelas, penggambaran elektron agak lebih besar, dan diberikan inovasi berupa eksperimen. Video animasi materi ikatan kimia meliputi materi ikatan ionik, ikatan kovalen, ikatan logam, ikatan antarmolekul, teori VSEPR, teori hibridisasi dan bentuk molekul. Video animasi diberikan banyak contoh kasus terjadinya ikatan dan bentuk molekul, animasi elektron tampak bergerak, elektron dari atom yang berbeda diberikan pembeda berupa beda simbol atau beda warna dan masing-masing atom yang berikatan diberikan identitas nama atom.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Analisis Kebutuhan, Video Animasi, Kimia.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:53
Last Modified: 02 Mar 2020 10:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35791

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum