PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN VEGETASI RIPARIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI ALTERNATIF

Inna Al Ma’aritj, NIM. 15680002 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN VEGETASI RIPARIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI ALTERNATIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN VEGETASI RIPARIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI ALTERNATIF)
15680002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN LAPANGAN VEGETASI RIPARIAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI ALTERNATIF)
15680002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman vegetasi riparian di Sungai Boyong, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, mengembangkan buku panduan lapangan vegetasi riparian sebagai sumber belajar biologi alternatif untuk siswa SMA/MA kelas X, serta mengetahui kualitas buku panduan lapangan berdasarkan penilaian 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer viewer, 1 guru biologi, dan terbatas pada 15 siswa SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap penelitian, yaitu penelitian keanekaragaman vegetasi riparian di Sungai Boyong menggunakan metode survey lapangan dengan teknik pencuplikan hand sorting, tahap pengembangan buku panduan lapangan vegetasi riparian menggunakan model pengembangan ADDIE tanpa implementasi, serta tahap pengujian kualitas buku panduan lapangan menggunakan penilaian angket kualitas buku panduan lapangan. Data yang diperoleh berupa data ordinal. Penelitian keanekaragaman vegetasi riparian Sungai Boyong ditemukan 140 spesies dari 54 famili tumbuhan. Buku panduan lapangan vegetasi riparian berupa buku cetak. Hasil penilaian buku panduan lapangan vegetasi riparian di Sungai Boyong, Kabupaten Sleman, Yogyakarta oleh ahli materi mendapatkan nilai 96% dengan kualitas sangat baik, ahli media mendapatkan nilai 86,90% dengan kualitas sangat baik, peer reviewer mendapatkan nilai 89,57% dengan kualitas sangat baik, guru biologi mendapatkan nilai 89,67% dengan kualitas sangat baik, dan respon siswa mendapatkan nilai 87,2% dengan kualitas sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, M. A., M.IWM.
Uncontrolled Keywords: Buku panduan lapangan, keanekaragaman vegetasi riparian, sumber belajar biologi alternatif.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:55
Last Modified: 02 Mar 2020 10:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum