OPTIMASI DISTRIBUSI AIR MINUM DALAM KEMASAN "AIRKU" DENGAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) STUDI KASUS PDAM TIRTA BINANGUN KABUPATEN KULONPROGO

Sandra Praharani Nur Asmoro, NIM. 14660028 (2019) OPTIMASI DISTRIBUSI AIR MINUM DALAM KEMASAN "AIRKU" DENGAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) STUDI KASUS PDAM TIRTA BINANGUN KABUPATEN KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (OPTIMASI DISTRIBUSI AIR MINUM DALAM KEMASAN "AIRKU" DENGAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) STUDI KASUS PDAM TIRTA BINANGUN KABUPATEN KULONPROGO)
14660028_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (OPTIMASI DISTRIBUSI AIR MINUM DALAM KEMASAN "AIRKU" DENGAN ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) STUDI KASUS PDAM TIRTA BINANGUN KABUPATEN KULONPROGO)
14660028_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM_BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Vehicle Routing Problem (VRP) didefinisikan sebagai suatu langkah pencarian solusi yang meliputi penentuan sejumlah rute, dimana masing-masing rute dilalui oleh satu alat angkut yang berawal dan berakhir di depot asalnya, sehingga permintaan semua pelanggan terpenuhi dengan tetap memenuhi kendala operasi yang ada serta meminimalisasi biaya transportasi global.Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan bagian dari VRP yang memiliki kendala berupa kapasitas kendaraan. Pada Penelitian ini akan dibahas mengenai CVRP yang diterapkan pada distribusi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) AirKu yang diproduksi oleh PDAM Tirta Binangun KulonProgo. Penelitian ini dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap clustering dan tahap pengoptiomalan rute. Pada tahap clustering metode yang digunakan adalah dengan menggunakan algoritma sweep.Pada proses clustering diperoleh hasil 3 cluster. Setelah melalui tahap clustering kemudian dilanjutkan dengan pengoptimalan rute menggunakan Algoritma Particle Swarm Optimization (PSO).Algoritma PSO dimulai dengan inisialisasi untuk menentukan parameter yang akan digunakan, kemudian membangkitkan posisi dan kecepatan secara random. Proses selanjutnya adalah menghitung nilai fungsi tujuan dan tahap yang terakhir adalah menentukan PbestdanGbest. Berdasarkan hasil pengolahan PSO menggunakan software matlab maka didapatkan hasil rute dengan jarak tempuh mendekati optimal yaitu 91,9 km, 19,95 km dan 31,95 km. Kata Kunci : Algoritma Sweep, Algoritma PSO, AMDK AirKu Tirta Binangun, minimasi jarak, waktu dan biaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Tri Yonathan Tejakusuma, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Algoritma Sweep, Algoritma PSO, AMDK AirKu Tirta Binangun, minimasi jarak, waktu dan biaya
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:58
Last Modified: 02 Mar 2020 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35826

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum