TINJAUAN T AKLIK T ALAK DI INDONESIA (Studi terhadap Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kompilasi Hukum Islam (KHI))

KHAIRUL IMAM, NIM. 00350321 (2005) TINJAUAN T AKLIK T ALAK DI INDONESIA (Studi terhadap Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kompilasi Hukum Islam (KHI)). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN T AKLIK T ALAK DI INDONESIA (Studi terhadap Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kompilasi Hukum Islam (KHI)))
00350321-BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN T AKLIK T ALAK DI INDONESIA (Studi terhadap Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kompilasi Hukum Islam (KHI)))
00350321-BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Ensiklopedi Islam menjelaskan masalah talak dengan merujuk pada kitab a/-Mugni bi Syar]J al-Kabir, yang menyatakan bahwa talak itu hukumnya wajib apabila terjadi syiqiiq (pertengkaran yang tidak mungkin diselesaikan), walaupun para penengah dari kedua belah pihak telah berusaha mendamaikannya; dihukmnkan makruh apabila dijatuhkan tanpa sebab; dihukumkan haram apabila dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan syara' (hukum Islam); dihukumkan sunnah apabila dijatuhkan kepada istri yang tidak patuh pada perintah Allah dan suami; dan dihukumkan boleh apabila ada alasan untuk menjatuhkan talak, seperti pergaulan yang tidak baik. 11 Talak dapat dijatuhkan dengan taklik, seperti kata suami kepada istrinya: "kalau engkau berjalan pada malam hari dengan sendirian, maka jatuh talakku atas engkau". Apabila istri itu berjalan pada malam hari dengan sendirian, maka dengan sendirinyajatuhlah talak atas istri itu. 12 Begitu pula apabila suami berkata: "apabila aku tidak memberi nafkah kepada istriku si .. .. Tiga bu.Ian bertumt-turut dan istriku tidak rela, lalu ia mengadukan hal itu kepada hakim, maka jatuh talakku atas istriku itu". Apabila kejadian itu selurnhnya terjadi, maka dengan sendirinya jatuhlah talak tersebut. Itulah yang dinamai taklik talak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PROF. DR. KHOIRUDDIN NASUTION, MA
Uncontrolled Keywords: Talak, kompilasi hukum islam
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Jul 2019 15:38
Last Modified: 18 Jul 2019 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum