KOMPARASI RETURN TABUNGAN PADA BANK SYARIAH DENGAN BANK KONVENSIONAL TAHUN 2004- 2005 (STUDI KASUS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN PT. BANK MANDIRI TBK.)

ASRIEL SAID, 01391083 (2005) KOMPARASI RETURN TABUNGAN PADA BANK SYARIAH DENGAN BANK KONVENSIONAL TAHUN 2004- 2005 (STUDI KASUS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN PT. BANK MANDIRI TBK.). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI RETURN TABUNGAN PADA BANK SYARIAH DENGAN BANK KONVENSIONAL TAHUN 2004- 2005 (STUDI KASUS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN PT. BANK MANDIRI TBK.))
01391083_BAB I,V, Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI RETURN TABUNGAN PADA BANK SYARIAH DENGAN BANK KONVENSIONAL TAHUN 2004- 2005 (STUDI KASUS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI DENGAN PT. BANK MANDIRI TBK.))
01391083_BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana perkembangan tingkat return tabungan pada PT. Bank Syariah Mandiri dan tingkat return tabungan pada PT. Bank Mandiri Tbk. pada bulan Januari 2004- April 2005. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji tingkat return dari bunga tabungan pada Bank Mandiri dengan return dari bagi hasil tabungan muqarabah pada Bank Syariah Mandiri, sehingga diharapkan dapat diketahui hasil komparasi dari bunga dan bagi hasil dalam periode Januari 2004- April2005. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode analisis deskripsi komparatif yang berasal dari data primer dan data sekunder, dengan cara menguraikan contoh kasus mengenai perhitungan bunga pada Bank Mandiri dan perhitungan bagi hasil pada Bank Syariah Mandiri, kemudian mengkomparasikannya. Penelitian ini akan difokuskan pada komparasi return tabungan muqarabah pada Bank Syariah mandiri dengan tabungan pada Bank Mandiri, dimana peneliti berusaha untuk menjelaskan berapa besar return yang diberikan oleh bank terhadap tabungan nasabah dalam bentuk bagi hasil dan bunga dalam rangka bank menghadapi persaingan global yang lebih maju. Alasan pemilihan tabungan muqarabah pada Bank Syariah Mandiri adalah karena yang dapat diperbandingkan dengan tabungan pada Bank Mandiri hanya tabungan muqarabah, hal ini karena tabungan pada Bank Mandiri mendapat bunga sedangkan tabungan muqarabah pada Bank Syariah Mandiri mendapat bagi hasil dimana tabungan yang lain hanya mendapat bonus bukan bagi hasil. Adapun pendekatan penelilitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan pendekatan komparatif. Pendekatan deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi dan mengkaji tingkat return tabungan pada Bank Mandiri dan tingkat return tabungan muqarabah pada Bank Syariah Mandiri dengan tujuan untuk menggambarkan keadaan atau fenomena yang berhubungan dengan penelitian. Sedangkan pendekatan komparatif dilakukan dengan mencari kasus dan menemukan persamaan dan perbedaan tentang variable penelitian. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri memiliki perbedaan return tabungan yang signifikan dengan Bank Mandiri (konvensional) yang ditunjukkan dengan uji statistik. Nilai signifikansi return tabungan yang diperoleh dari hasil analisis terbukti lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa bahwa ada perbedaan yang signifikan antara return tabungan pada bank syariah dengan return pada bank konvensional. Adanya perbedaan yang signifikan tersebut dimungkinkan karena adanya unsur kepastian yang terdapat pada Bank Mandiri konvensional dan juga besarnya persentase bunga yang relatif stabil dalam setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. MISNEN ARDIANSYAH, SE, M.SI 2. SUNARSIH, SE, M.SI
Uncontrolled Keywords: Return taungan, bank konvensional, bank syari'ah
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Jul 2019 15:39
Last Modified: 18 Jul 2019 15:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35872

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum