PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) PADA MEDIA TANAM ALTERNATIF SERBUK BAMBU PETUNG (Dendrocalamus asper) DAN BEKATUL

Arfiansyah Ady Saputra, NIM. 13640027 (2019) PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) PADA MEDIA TANAM ALTERNATIF SERBUK BAMBU PETUNG (Dendrocalamus asper) DAN BEKATUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) PADA MEDIA TANAM ALTERNATIF SERBUK BAMBU PETUNG (Dendrocalamus asper) DAN BEKATUL)
13640027_BAB_I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus) PADA MEDIA TANAM ALTERNATIF SERBUK BAMBU PETUNG (Dendrocalamus asper) DAN BEKATUL)
13640027_BAB_II_SAMPAI_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus) merupakan salah satu jamur konsumsi yang digemari oleh masyarakat. Tingginya konsumsi jamur tiram putih meningkatkan kebutuhan jumlah produksi jamur tiram putih yang berdampak pada berkurangnya bahan utama media tanamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju pertumbuhan dan produktivitas jamur tiram putih pada media tanam alternatif berupa serbuk bambu petung (Dendrocalamus asper) dan bekatul. Penelitian dilakukan menggunakan media tanam berupa campuran serbuk bambu petung dan bekatul dengan perlakuan lima variasi komposisi yaitu A = 100% : 0%, B = 95% : 5%, C = 90% : 10%, D = 85% : 15%, dan E = 80% : 20%. Parameter yang diamati berupa laju pertumbuhan miselium, laju pertumbuhan diameter tudung, laju pertumbuhan panjang tangkai, massa segar jamur pada kemunculan badan buah pertama sampai ketiga. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa perlakuan media tanam berupa campuran serbuk bambu petung dan bekatul dengan komposisi yang bervariasi berpengaruh pada laju pertumbuhan miselium, laju diameter tudung pada kemunculan badan buah kedua, laju pertumbuhan panjang tangkai pada kemunculan badan buah pertama, dan massa segar jamur pada kemunculan badan buah pertama sampai ketiga. Kombinasi serbuk bambu petung dan bekatul meningkatkan pertumbuhan dan produktivitas jamur tiram putih dibanding penggunaan serbuk bambu petung secara murni. Kata kunci : Bekatul, Jamur tiram putih, Serbuk bambu petung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Erny Qurotul Ainy, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Bekatul, Jamur tiram putih, Serbuk bambu petung
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Mar 2020 09:41
Last Modified: 03 Mar 2020 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum