PROFIL PEMBELAJARAN FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Ropian Mardiana, NIM. 14690007 (2019) PROFIL PEMBELAJARAN FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PROFIL PEMBELAJARAN FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR)
14690007_BAB-1_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PROFIL PEMBELAJARAN FISIKA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR)
14690007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Hasil implemenatsi dari pembelajaran yang bermakna akan berpengaruh kepada kemampuan berpikir siswa, kemampuan seseorang siswa berpengaruh terhadap kemampuannya dalam memecahan masalah fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) profil pembelajaran fisika SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur, 2) profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri di Kabupaten Lombok Timur kelas XI pada materi gerak, gaya, usaha dan energi, momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada lima sekolah di Kabupaten Lombok Timur yaitu SMA N 1 Selong, SMA N 1 Sikur, SMA N 1 Sakra, SMA N 1 Keruak, dan SMA N 1 Jerowaru. Pengambilan data yang digunakan untuk mengetahui profil pembelajarn fisika yaitu dengan melakukan kegiatan observasi, melakukan kegiatan wawancara dengan guru mata pelajaran fisika, pemberian angket kepada 258 siswa, serta studi dokumentasi. Sedangkan untuk mengetahui profil HOTS siswa dengan cara memberikan masalah fisika kepada siswa berdasarkan aspek dan sub aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi pada taksonomi kognitif Bloom yang berkaitan dengan materi fisika SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) diketahui intraksi pembelajaran yang sering terjadi adalah satu arah, dimana proses pembelajaran hanya berpusat pada guru selain itu ditemukan bahwa guru sudah menerapkan metode pembelajaran diskusi dan tanya jawab akan tetapi hal ini belum menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang diterapkan sudah mengarah pada peningkatan kemampuan bepikir tingkat tinggi, 2) hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di Kabupaten Lombok Timur berada pada katagori sedang, pada satu sekolah berada pada katagori tinggi yaitu SMA N 1 Selong, sedangkan empat sekolah berada pada katagori sedang yaitu SMA N 1 Sikur, SMA N 1 Sakra, SMA N 1 Keruak, dan SMA N 1 Jerowaru Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Fisika, Gerak, Gaya, Usaha dan Energi, Momentum dan Impuls.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Winarti.,S.Pd.,M.Pd.,Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Pembelajaran Fisika, Gerak, Gaya, Usaha dan Energi, Momentum dan Impuls.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:37
Last Modified: 04 Mar 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35896

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum