PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 5 YOGYAKARTA MATERI USAHA DAN ENERGI

Munadhirotul Azizah, NIM. 15690047 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 5 YOGYAKARTA MATERI USAHA DAN ENERGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 5 YOGYAKARTA MATERI USAHA DAN ENERGI)
15690047_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMAN 5 YOGYAKARTA MATERI USAHA DAN ENERGI)
15690047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

fisika menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode Problem Solving terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi, (2) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode Problem Solving pada materi usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar soal pretestposttest keterampilan berpikir kritis dan jurnal pengaturan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan uji t, Normalized Gain (NGain) dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Contextual teaching and Learning (CTL) dengan metode Problem Solving berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dengan taraf signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,025. Nilai tersebut menunjukkan lebih kecil dari signifikansi < α = 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak, (2) Pembelajaran fisika menggunakan pendekatan Contextual teaching and Learning (CTL) dengan metode Problem Solving dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi dengan N-gain sebesar 0,603 pada kategori sedang. Sedangkan keterampilan Self-Regulation peserta didik mengalami peningkatan pada aspek metakognisi yang dibuktikan dengan deskripsi jawaban peserta didik. Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Metode Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis, Usaha dan Energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Winarti, S.Pd., M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Metode Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis, Usaha dan Energi.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Mar 2020 08:38
Last Modified: 04 Mar 2020 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35901

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum