Studi terhadap Kesahihan Hadis dalam Kit ab al-Arba 'iina lfadisan Allatl lfassa al-Nab] $allallihu 'Alaihi Wasallama 'Ali Jfifcjihi

Muryono, NIM. 02530938 (2007) Studi terhadap Kesahihan Hadis dalam Kit ab al-Arba 'iina lfadisan Allatl lfassa al-Nab] $allallihu 'Alaihi Wasallama 'Ali Jfifcjihi. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Studi terhadap Kesahihan Hadis dalam Kit ab al-Arba 'iina lfadisan Allatl lfassa al-Nab] $allallihu 'Alaihi Wasallama 'Ali Jfifcjihi)
02530938 - BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (Studi terhadap Kesahihan Hadis dalam Kit ab al-Arba 'iina lfadisan Allatl lfassa al-Nab] $allallihu 'Alaihi Wasallama 'Ali Jfifcjihi)
02530938 - BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari asumsi berdasarkan hadis nabi saw. yang artinya: ''Barang siapa dari umatku yang menghafal sebanyak empat puluh hadis yang berkaitan dengan urusan agamanya maka Allah akan membangkitkan pada hari kiamat nan ti bersama ahli-ahli fiqih dan 'ulama '~ Dari hadis ini kemudian banyak para ulama yang menulis kitab hadis Arba'in. Salah satu kitab hadis yang muncul adalah karya al-Ajurri dalam kitab alArba'una Ifadisan Allatl Ifassa al-Nabl $allallahu 'Alaihi Wasallama 'Ali Jfif<Jihii. Kitab Arba'in sesuai dengan namanya adalah sebuah kitab hadis yang memuat empat puluh matan hadis pilihan, yang menjadi minat dari sang pengumpul hadis. Seorang pengumpul mengambil beberapa hadis yang dinilainya ~al)il) dan mengandung nasehat-nasehat, keutamaan amal, serta yang mempunyai nilai hujjah dari sebuah ajaran dari Nabi. Pilihan terhadap Kitab al-Arba'ilna Ifadisan Allatl Ifassa al-NabJ $allallahu 'Alaihi Wasallama 'Alii Ifif<Jihii karya al-Ajurri ini dengan alasan bahwa kitab ini belum begitu populer di kalangan masyarakat Islam, khususnya Indonesia. dibandingkan dengan hadis Arba 'in an-Nawawi. Hal ini dapat terlihat antara lain dari masih terbatasnya peredaran kitab tersebut di masyarakat. Kitab inipun belum diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Padahal dari segi isi matannya, kitab ini tidah jauh berbeda dengan kitab hadis karya an-Nawawi dan kitab hadis yang lain. Untuk memperoleh basil penelitian yang valid, dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, selanjutnya data dianalisis dengan metode analisis isi. Pendekatan yang dipakai adalah pendekatan historis yaitu suatu pendekatan untuk mengetahui sejarah yang melatarbelakangi kehidupan seorang tokoh serta untuk melacak kemungkinan tokoh tersebut terpengaruh oleh keadaan pada masa hidupnya. Langkah selanjutnya yang harus ditempuh dalam penelitian ini adalah melacak sekaligus mengecek keberadaan hadis pada Kutub al-Hadis at-Tis'ah. Pelacakan ini bisa dilakukan dengan kitab Al-Mu'jam al-Mufahras Li Alfiiz alIfadls al-NabawJ ataupun dengan CD. ROM Mausii'ah melalui kata kunci (key word) tertentu. Setelah dilakukan penelitian, Kit ab al-Arba 'una Ifadisan Allatl Ifassa alNabl $allallahu 'Alaihi Wasallama 'Alii Jfif<Jihii disusun dengan metode pembukuan hadis berdasarkan klasifikasi hukum Islam (abwiib fiqiyyah) dengan mencantumkan hadis marfu' (berasal dari Nabi), mauquf(berasal dari sahabat) dan maqtu'(berasal dari tabi'in), dan sebagian hadis dalam kitab ini adalah da'if dari segi sanad dan ~ahih dari segi matan. Ke-da'if-an yang terjadi yaitu adanya keterputusan sanad, selain itu ke-¢a 'if-an terjadi karena adanya penilaian negatif terhadap beberapa periwayat. Tetapi melalui jalur riwayat lain, tokoh-tokohnya dinilai Siqah. Karenanya, hadis melalui jalur lain ~ahih sanad. Ke-{/a 'if-an jalur al-Ajurri tidak mengurangi kesahihan jalur riwayat lain, bahkan terangkat menjadi f;lasan Ii gairihi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Indal Abrar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Abu Bakar Muhammad bin al-Husain al-Ajurri, hadits
Subjects: Tafsir Hadist
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Tafsir Hadist (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Jul 2019 13:24
Last Modified: 19 Jul 2019 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum