HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMISAHAN KELAS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs N 1 YOGYAKARTA

ISNAINI WAHYU CAHYANINGRUM, NIM.14410147 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMISAHAN KELAS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs N 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMISAHAN KELAS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs N 1 YOGYAKARTA)
14410147_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMISAHAN KELAS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs N 1 YOGYAKARTA)
14410147_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ISNAINI WAHYU CAHYANINGRUM. Hubungan Persepsi siswa tentang Pemisahan Kelas Siswa Laki-laki dan Perepmpuan dengan Motivasi Belajar Akidah Akhlak Kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Motivasi merupakan mode penggerak utama seseorang dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar, motivasi belajar sangatlah penting bagi siswa untuk membuatnya senang dan semangat untuk belajar, termasuk motivasi belajar Akidah Akhlak. Akidah Akhlak merupakan mata pelajaran yang mengajarkan tentang pokok-pokok keimanan dan pembiasaan akhlak terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor yang memengaruhi motivasi belajar adalah kondisi lingkungan kelas, tak terkecuali dalam hal ini adalah penerapan sistem kelas terpisah, seperti yang diterapkan di MTs N 1 Yogyakarta. Pemisahan kelas tentu akan memunculkan persepsi yang berbeda-beda di kalangan siswa, mengingat latar belakang siswa yang berbeda-beda pula. Persepsi ini pun akan memengaruhi motivasi belajarnya, termasuk dalam hal ini adalah persepsi siswa tentang pemisahan kelas siswa laki-laki dan perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan tingkat motivasi belajar Akidah Akhlak kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta. (2) Untuk mendeskripsikan tingkat persepsi siswa tentang pemisahan kelas siswa laki-laki dan perempuan di MTs N 1 Yogyakarta. (3) Menguji secara empiris hubungan persepsi siswa tentang pemisahan kelas siswa laki-laki dan perempuan dengan motivasi belajar Akidah Akhlak kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta. Dengan teknik cluster random sampling diambil 63 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data meliputi Analisis Deskriptif Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat motivasi belajar Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta secara umum dikategorikan sedang dengan prosentase 36,50%. (2) Tingkat persepsi tentang pemisahan kelas siswa laki-laki dan perempuan di MTs N 1 xii Yogyakarta secara umum dikategorikan baik dengan prosentase 38,10%. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi tentang pemisahan kelas siswa laki-laki dan perempuan dengan motivasi belajar Akidah Akhlak Kelas VIII MTs N 1 Yogyakarta (rxy= 0,234, rxy > rtabel pada taraf signifikansi 5%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S.Psi., M.A.,
Uncontrolled Keywords: Persepsi tentang Pemisahan Kelas Siswa Laki-laki dan Perempuan, Motivasi Belajar Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 09:22
Last Modified: 05 Mar 2020 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum