TiNJAUAN l-llJKlJM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PELELANGAN BARANG GADAI DI PERUM PEGADAIAN SYARl'AH CABANG KlJSlJMANEGARA YOGYAKARTA

SUSI NURHA YATI, NIM. 02381211 (2005) TiNJAUAN l-llJKlJM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PELELANGAN BARANG GADAI DI PERUM PEGADAIAN SYARl'AH CABANG KlJSlJMANEGARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TiNJAUAN l-llJKlJM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PELELANGAN BARANG GADAI DI PERUM PEGADAIAN SYARl'AH CABANG KlJSlJMANEGARA YOGYAKARTA)
02381211-BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TiNJAUAN l-llJKlJM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PELELANGAN BARANG GADAI DI PERUM PEGADAIAN SYARl'AH CABANG KlJSlJMANEGARA YOGYAKARTA)
02381211-BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Proses pelelangan I penjualan barang jaminan di Perum Pegadaian Syari'ah Cabang Kusumanegara Yogyakarta adalah usaha untuk mengembalikan modal dan uang jasa simpan yang tidak dilunasi oleh penggadai (rahin). Pihak Pegadaian berhak menjual barang jaminan apabila rahin tidak melunasi hutangnya. Sebelum lelang I penjualan dilakukan terlebih dahulu diadakan pengumum tentang adanya lelang barang jaminan. Pengumuman tersebut ditujukan pada masyarakat pada umumnya dengan maksud agar mengetahui tentang akan adanya lelang I penjualan barangjaminan. Diharapkan dengan adanya pengumuman tersebut jumlah peserta yang ikut dalam proses lelang I penjualan barang jaminan berjumlah banyak atau memadai. Tetapi di Perum Pegadaian Syari'ah Cabang Kusumanegara Y ogyakarta pengumuman tidak dilakukan dengan maksimal. Sebab pengumuman hanya ditempel di dinding bagian depan pegadaian. Hal ini menyebabkan sedikitnya jumlah peserta yang mengikuti proses lelang I penjualan barang jaminan. Sedikitnya jumlah peserta Ielang I penjualan barang jaminan berpengaruh terhadap harga yang akan dilelang I dijual. Sehingga kecil kemungkinan bagi penggadai untuk menerima uang sisa penjualan, yang merupakan haknya. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan metode pendekatan normatif, yaitu pendekatan melalui norma-norma hukum Islam yang diambil baik dari alQur'an, haditi maupun ijtihad para ulama. Hal ini dimaksudkan untuk mencari kejelasan tentang prosedur lelang I penjualan barang jaminan, serta untuk mengetahui apakan sudah sesuai dengan hukum Islam yaitu mengenai hak dan kewajiaban para pihak baik dalam hal gadai maupun Ielang I penjualan. Setelah dianalisa dan dikaji, penyusun dapat mengambil kesimpulan'', bahwa prosedur lelang I penjualan barang jaminan yang dilakukan oleh Perum Pegadaian Syari 'ah Cabang Kusumanegara Y ogyakarta adalh tidak bertentangan dengan hukum Islam, karena sudah sesuai dengan syarat dan rukun jual beli yang ditetapkan dalam hukum Islam. Mengenai pengumuman yang kurang luas, yang akhimya berpengaruh harga barang milik penggadai, itu tidaklah merugikan pemilik barang. Karena pihak pegadaian sebelumnya telah menetapkan batas-batas harga minimal penjualan. Sehingga, walaupun terjadi penurunan harga akibat sedikitnya jumlah peserta lelang, adalah masih dalam batas harga yang telah ditetapkan. Hal ini juga tidak membatalkan akad, sebab sebelumnya penggadai dengan suka rela telah menyerahkan hak penjualan barang yang dijaminkan kepada pihak pegadaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. RIYANTA, M.HUM.
Uncontrolled Keywords: Perum Pegadaian Syari'ah, modan dan jasa
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jul 2019 13:59
Last Modified: 22 Jul 2019 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum