PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PERMINTAAN PADA HMT BINA DHUAFA BRINGHARJO YOGYAKARTA .1997-2004

YASIRARAFAT, NIM. 00390375 (2005) PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PERMINTAAN PADA HMT BINA DHUAFA BRINGHARJO YOGYAKARTA .1997-2004. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PERMINTAAN PADA HMT BINA DHUAFA BRINGHARJO YOGYAKARTA .1997-2004)
00390375-BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PROMOSI TERHADAP VOLUME PERMINTAAN PADA HMT BINA DHUAFA BRINGHARJO YOGYAKARTA .1997-2004)
00390375-BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Baitul Maal Wattamwil (BMT) adalah bagian dari lembaga ekonomi syariah dan keuangan syariah mikro yang bertujuan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat kaum lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh promosi yang meliputi periklanan, publisitas, dan promosi penjualan terhadap volume permintaan di BMT Beringharjo. Penelitian ini mengambil data dari divisi pemasaran BMT Bina Dhuafa Bringharjo yaitu berupa data biaya promosi dan pencapaian volume permintaan (simpanan dan pembiayaan) dari tahun 1997 sampai dengan tahun 2004. Metode pengwnpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data biaya promosi dan volume atau jumlah pennintaan baik berupa simpanan maupun pembiayaan yang telah dicapai BMT BDB Yogyakarta dari tahun 1997-2004. Metode wawancara digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan lembaga, baik mengenai sejarah berdiri, strnktur organisasi, dan kegiatan promos!. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah Bapak Fauzan dan Ibu Atung sebagai anggota divisi pemasaran BMT Bringharjo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Persyaratan analisis regresi menggunakan uji normalitas, uji iinieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara biaya periklanan, biaya publisitas, dan biaya promosi penjualan secara bersama-sama terhadap volume permintaan dengan melihat koefisien detenninasi sebesar 0.2483 yang berarti 24.83% volwne permintaan dipengaruhi biaya periklanan, biaya publisitas, dan biaya promosi penjualan. Dan melihat uji F hitung sebesar 3.084 yang lebih besar dibandingkan dengan F tabel sebesar 2.947 pada taraf signifikansi 5%. Untuk F hitung sebesar 3.084 artinya bahwa setiap kenaikan biaya promosi sebesar Rp. 1,00 akan mengakibatkan kenaikan volwne permintaan sebesar Rp. 3,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ekonomi syari'ah, baitulmal wattanwil, BMT Beringharjo
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Jul 2019 15:25
Last Modified: 23 Jul 2019 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum