KENAKALAN REMAJA DI DESA GEBANG UDIK, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN CIREBON, PROPINSI JAWA BARAT (Suatu Tinjauan Sosiologis)

Alif Nurjanah, NIM: 01540766 (2006) KENAKALAN REMAJA DI DESA GEBANG UDIK, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN CIREBON, PROPINSI JAWA BARAT (Suatu Tinjauan Sosiologis). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KENAKALAN REMAJA DI DESA GEBANG UDIK, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN CIREBON, PROPINSI JAWA BARAT (Suatu Tinjauan Sosiologis))
01540766_BAB_I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KENAKALAN REMAJA DI DESA GEBANG UDIK, KECAMATAN GEBANG, KABUPATEN CIREBON, PROPINSI JAWA BARAT (Suatu Tinjauan Sosiologis))
01540766_BAB_II_S.D_BAB_SEBELUM_TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kenakalan remaja merupakan problem sosial yang dianggap sebagai gejala penyimpangan sosial yang mempunyai beberapa aspek faktor penyebabnya. Jelasnya kenakalan remaja bersifat multi-kausal. Karena itu, para sarjana menggolongkan beberapa teori sebab-sebab kenakalan remaja dalam berbagai perspektif. Teori-teori tersebut misalnya digolongkan dalam empat kategori, yakni teori biologis, teori psikogenis, teori sosiogenis dan teori subkultur. Sebagai sebuah kajian dan penelitian sosiologis maka dalam penelitian ini penulis hanya memfokuskan pada penyebab yang bersifat sosiologis. Penelitian ini hanya memfokuskan pada perilaku kenakalan remaja yang terjadi di desa Gebang Udik, Gebang, Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk dan faktor-faktor sosiologis kenakalan remaja yang terjadi di Gebang Udik. Penelitian ini merupakan penelitian sosial dengan menggunakan metode kualitatif. Dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa kenakalan remaja di Gebang Udik merupakan suatu tindakan yang disebabkan oleh faktor sosial. Penyebab sosiologis memiliki pengertian bahwa kenakalan remaja adalah sebuah tindakan yang tidak timbul sendiri dalam diri individu tetapi ada faktor eksternal yang menyebabkan remaja tersebut jatuh dalam perbuatan tersebut. Penyebab eksternal itu bisa berupa pengaruh struktur sosial yang deviatif, tekanan kelompok, peranan sosial dan status sosial. Beberapa faktor kenakalan di Gebang Udik udik adalah keluarga, pendidikan, keagamaan dan lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, MA. - Nurussa'adah, M.Psi., Psi.
Uncontrolled Keywords: KENAKALAN REMAJA, CIREBON, Sosiologis
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 24 Jul 2019 10:48
Last Modified: 24 Jul 2019 10:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum