MANAJEMEN ADVOKASI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS PADA LEMBAGA ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN YOGYAKARTA)

HUTRI ROHMANIA HAMIDA, NIM : 14490076 (2019) MANAJEMEN ADVOKASI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS PADA LEMBAGA ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN ADVOKASI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS PADA LEMBAGA ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN YOGYAKARTA))
14490076_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN ADVOKASI SEBAGAI PENDIDIKAN KARAKTER (STUDI KASUS PADA LEMBAGA ALIANSI JURNALIS INDEPENDEN YOGYAKARTA))
14490076_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Hutri Rohmania Hamida, 14490076, Manajemen Advokasi Sebagai Pendidikan Karakter (Studi Kasus Pada Lembaga Aliansi Jurnalis Independen Yogyakarata), Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Pembahasan dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan advokasi pada lembaga AJI Yogyakarta, lalu untuk mengetahui nilai karakter apa saja yang terdapat dalam proses manajemen advokasi serta yang terakhir yakni melihat advokasi AJI Yogyakarta dalam perspektif pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan mengambil obyek penelitian pada lembaga AJI Yogyakarta dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah dua orang pengurus advokasi, dan lima orang significant other. Adapun Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pelaksanaan manajemen advokasi di AJI Yogyakarta menggunakan beberapa metode yakni lobby, seminar refleksi/presentasi, media massa dan perkumpulan. (2) Nilai karakter apa saja yang terdapat dalam kegiatan manajemen advokasi yang dilakukan menggunakan fungsi dasar manajemen yang umumnya sering digunakan yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan dan yang terakhir pengawasan. (3) Advokasi dikaitkan dengan sudut pandang pendidikan karakter yang dalam pelaksanaannya menggunakan perspektif pendidikan karakter menurut Thomas Lickona berupa: pengetahuan moral, perasaan moral dan tindakan moral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Organisasi, Manajemen Advokasi, Pendidikan Karakter.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Jul 2019 10:49
Last Modified: 21 Aug 2019 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35994

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum