KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (STUDI KASUS DI SMP ISLAM PRESTASI AL-MUBTADI’IEN BANTUL)

ADENAR DIRHAM, NIM: 15490025 (2018) KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (STUDI KASUS DI SMP ISLAM PRESTASI AL-MUBTADI’IEN BANTUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (STUDI KASUS DI SMP ISLAM PRESTASI AL-MUBTADI’IEN BANTUL))
15490025_BAB-I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (STUDI KASUS DI SMP ISLAM PRESTASI AL-MUBTADI’IEN BANTUL))
15490025_BAB_II_sampai-sebelum_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Adenar Dirham. Kebijakan Pendidikan Berbasis Multiple Intelligences (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Islam Prestasi Al-Mubtadi’ien Bantul). Skripsi. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan 2019. Latar belakang dari penelitian ini berawal dari adanya keinginan SMP Islam Prestasi Al-Mubtadi‘ien Bantul untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Penulis juga melihat kondisi sekolah dewasa ini tidak memperhatikan minat, bakat, serta potensi peserta didik sehingga berbagai permasalahan timbul di SMP Islam Prestasi Al-Mubtadi‘ien Bantul. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, SMP Islam Prestasi Al-Mubtadi‘ien harus mengakomodasi berbagai potensi yang dimiliki oleh peserta didik dengan merumuskan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kebijakan pendidikan berbasis Multiple Intelligences. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk membahas proses dan hasil Kebijakan Pendidikan berbasis Multiple Intelligences (Studi Kasus di SMP Islam Prestasi Al-Mubtadi‘ien Bantul). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisis dan mengolah data di lapangan mulai dari melakukan transcript; coding atau labeling; grouping; comparing & contrasting; menarasikan setiap tema; serta memasukkan literature reviews dan teori yang digunakan. Kebijakan Pendidikan berbasis Multiple Intelligences diawali dengan proses: perumusan, implementasi, dan evaluasi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah sebagai pemangku kebijakan dengan faktor-faktornya yang melingkupinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses kebijakan pendidikan berbasis Multiple Intelligences meliputi perumusan, implementasi, dan evaluasi kebijakan; 2) hasil dari kebijakan pendidikan berbasis Multiple Intelligences di SMP Islam Prestasi Al-Mubtadi‘ein Bantul meliputi bimbingan serta modifikasi strategi, media, dan materi pembelajaran; melaksanakan pelatihan guru; microteaching; multi strategi; memaksimalkan potensi peserta didik; melaksanakan Multiple Intelligences Research (MIR); ekstrakurikuler; dan pengadaan berbagai kegiatan di luar kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zainal Arifin, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pendidikan, Multiple Intelligences, SMP Islam Prestasi Al-Mubtadi’ien Bantul.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jul 2019 11:01
Last Modified: 24 Jul 2019 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/35996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum