PENGARUH KEGIATAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SANTRI DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ROHMATUL LAILI MAHMUDAH, NIM: 14410150 (2019) PENGARUH KEGIATAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SANTRI DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGIATAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SANTRI DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
14410150_BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGIATAN KEAKTIFAN BERORGANISASI TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SANTRI DI MADRASAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
14410150_BAB II & III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (576kB)

Abstract

ROHMATUL LAILI MAHMUDAH. Pengaruh Kegiatan Keaktifan Berorganisasi Terhadap Hasil Belajar PAI Santri di Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni hasil belajar, belajar sendiri adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif, dan psikomotor, sedangkan hasil belajar adalah perubahan yang terjadi sebagai akibat dari kegiatan belajar yang telah dilakukan oleh individu. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor lingkungan, faktor instrumental, serta kondisi fisiologis. Hal ini dikarenakan proses belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja. Segala kegiatan yang dilakukan di luar kelas juga merupakan proses belajar, karena dengan pengalaman yang didapatkan di luar kelas siswa terbiasa untuk memecahkan permasalahan yang terjadi. Itulah mengapa terdapat begitu banyak organisasi yang disediakan oleh sekolah agar Soft Skill siswa dapat dikembangkan. Madrasah Mu‟allimat Muhammadiyah Yogyakarta terdapat enam organisasi santri dan tiga diantaranya adalah organisasi ortom. Beragamnya organisasi santri di sekolah, maka pengalamannya pun bearagam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh organisasi santri terhadap hasil belajar. Hipotesis awal penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara organisasi santri dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yakni pengurus organisasi tahun 2017/2018 Madrasah Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 santri yang diambil menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket organisasi santri dan nilai PTS PAI. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi Product Moment Karl Pearson dengan bantuan aplikasi SPSS 23.0 of windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keaktifan berorganisasi santri dalam kategori sedang. 2) hasil belajar PAI dalam kategori sedang. 3) tidak ada pengaruh yang signifikan antara organisasi santri terhadap hasil belajar PAI. Nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,076 dengan angka probabilitas sebesar 0,690 (p > 0,05), dengan demikian HA ditolak dan H0 diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Organisasi Santri, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 09:28
Last Modified: 06 Mar 2020 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36016

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum