TINDAK PIDANA KORUPSI DANA DESA (STUDI KASUS DI DESA BANGUNEMO, KECAMATAN BULAGI UTARA, KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN, PROVINSI SULAWESI TENGAH)

M. ISMUNANDA ISMAN, 15340035 (2019) TINDAK PIDANA KORUPSI DANA DESA (STUDI KASUS DI DESA BANGUNEMO, KECAMATAN BULAGI UTARA, KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN, PROVINSI SULAWESI TENGAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
15340035_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
15340035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tindak Pidana Korupsi Dana Desa di Desa Bangunemo serta bagaimana upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi yang di lakukan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan serta Aparat terkait terhadap pengawasannya dalam pengelolaan dana desa, sebagai contoh yang terjadi di desa bangunemo. Jenis penelitian ini adalah lapangan dengan pendekatan penelitian yuridis empiris. Kemudian untuk menganalisa data yang diperoleh, penyusun menggunakan metode diskriptif analisis artinya data yang berupa ucapan, tulisan dan prilaku yang dapat diperoleh dalam penelitian dilaporkan secara kualitatif untuk memperoleh kesimpulan. Setelah data yang dibutuhkan terkumpul dengan melalui metode penelitian, maka selanjutnya penyusun menggunakan metode Deduktif, yaitu cara berfikir analitik yang berangkat dari dasar-dasar pertanyaan yang bersifat umum menuju pada pertanyaan yang bersifat khusus. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tindak Pidana Korupsi di Desa Bangunemo dilakukan oleh Pejabat Kepala Desa Bangunemo terbukti menyalahgunakan wewenangnya melakukan Tindak Pidana Korupsi Dana Desa, dengan menggunakan Dana Desa untuk menguntungkan orang lain serta kepentingan pribadi sehingga perbuatan tersebut telah merugikan Desa/Negara. Tindakan yang dilakukan Pejabat Kepala Desa Bangunemo telah menimbulkan gejolak di masyarakat Desa Bangunemo karena sebagian besar belanja tidak dapat terlaksana khususnya belanja yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti upah pekerja dan upah tukang. Perbuatan telah terbukti secarah sah dan meyakinkan bertentangan dengan hukum pada putusan Putusan Pengadilan Negeri Palu No66/Pid.Sus-TPK/2017/PNPal. Pemerintah Desa Bangunemo melakukan upaya pencegahan atas tindak pidana korupsi, upaya yang dilakukan ialah dengan mengundang tim-tim Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dari berbagai instansi terkait seperti Kejaksaan Negeri setempat dan Kepolisian setempat untuk melakukan sosialisasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi dan pengawasan oleh masyarakat melalui Badan Pengawas Desa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: UDIYO BASUKI, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Korupsi Dana Desa
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:57
Last Modified: 06 Mar 2020 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36017

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum