IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 10 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI PENGELOLAAN SAMPAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)

MADARINA, 15340037 (2019) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA YOGYAKARTA NOMOR 10 TAHUN 2012 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI PENGELOLAAN SAMPAH DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
15340037_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
15340037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan kota yang memiliki banyak destinasi wisata menarik dan berbagai kampus ternama yang mengundang banyak orang mendatangi Kota Yogyakarta. Hal ini berimplikasi pada jumlah pondok pesantren yang menjamur. Pondok pesanren ini tentu tidak terlepas dari besaran volume sampah yang timbul. Telah terdapat Perda Kota Yogyakarta Nomor 10 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah, namun mayoritas penghuni pondok pesantren merupakan pendatang yang kemungkinan besar tidak mengetahui perihal perda ini. Hal inilah yang membuat penyusun tertarik untuk meneliti bagaimana upaya pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengimplementasikan perda ini di lingkup pondok pesantren, khususnya Pondok pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Untuk menjawab persoalan tersebut, penyusun melakukan sebuah penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan yuridis-empiris. Data yang diambil langsung melalui wawancara dan observasi di Dinas Lingkungan Hidup Yogyakarta dan Pondok Pesntren Al-Luqmaniyyah. Data tersebut juga dilengkapi dengan telaah terhadap beberapa pustaka/dokumen yang mendukung serta kajian atas peraturan-peraturan terkait. Penelitian ini bersifat deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan perda ini, pemerintah masih belum maksimal karena pemerintah belum menerapkan regulasi yang komprehensif dalam menekan volume sampah. Pengetahuan masyarakat khususnya santri Pondok Pesantren Al-luqmaniyyah mengenai peraturan ini juga masih kurang. Hal ini mempengaruhi tingkat kesadaran hukum santri Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah dalam mengelola sampa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. SITI FATIMAH, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Implementasi, Pengelolaan Sampah, Al-luqmaniyyah.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 07:58
Last Modified: 06 Mar 2020 07:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36018

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum