PELAKSANAAN PROGRAM DAGANG KELILING SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL D.I. YOGYAKARTA

RATNA WIDIANI, NIM : 15490081 (2019) PELAKSANAAN PROGRAM DAGANG KELILING SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM DAGANG KELILING SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL D.I. YOGYAKARTA)
11120090_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM DAGANG KELILING SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 WONOSARI GUNUNGKIDUL D.I. YOGYAKARTA)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ratna Widiani, Pelaksanaan Program Dagang Keliling sebagai Sarana Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Wonosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lulusan SMK yang bersaing mencari pekerjaan, namun tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang ada. SMK merupakan sekolah yang mempersiapkan peserta didik untuk langsung terjun ke dunia kerja setelah lulus sekolah. Untuk menghadapi masalah tersebut diperlukan pendidikan yang berorientasi pada pembentukan jiwa entrepreneurship. Sebagai sekolah kejuruan SMK Negeri 1 Wonosari menerapkan pendidikan kewirausahaan dengan melatih jiwa kewirausahaan siswa melalui program dagang keliling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep dagang keliling, pelaksanaan, dan hasil program dagang keliling sebagai sarana menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Wonosari Gunungkidul D.I. Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pelaksanaan dagang keliling di SMK Negeri 1 Wonosari adalah sebagai sarana menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan merupakan pengembangan program sekolah. Dagang keliling merupakan program wajib dan masuk ke dalam kurikulum sekolah yang memiliki manfaat dalam melatih mental siswa. (2) Proses pelaksanaan dagang keliling ialah siswa menjual produk dari toko sekolah ke konsumen dengan target omzet minimal Rp300.000,00. Penilaian dagang keliling dilihat dari perolehan omzet dan jumlah hari siswa membayar hasil jualan ke toko sekolah. (3) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelaksanaan. Faktor pendukungnya adalah masuknya dagang keliling ke dalam kurikulum serta pemasok barang yang tepat waktu. Sementara itu, faktor penghambatnya adalah barang di toko sekolah lebih mahal, harga barang naik, terlambatnya pemasok, kurang waktu mencari konsumen, konsumen tidak membayar tepat waktu, dan banyak barang yang kosong. (4) Hasil program dagang keliling sebagai sarana menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Wonosari adalah sudah banyak siswa yang mulai tergerak untuk mulai berjualan, seperti jualan pulsa, lukisan, hingga online shop. Pendidikan kewirausahaan perlu dilaksanakan dalam menumbuhkan jiwa kewiruasahaan siswa dan dagang keliling merupakan program SMK Negeri 1 Wonosari yang diterapkan untuk menumbuhkan minat dan jiwa kewirausahaan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur ROhmah M,Ag.
Uncontrolled Keywords: Dagang keliling, kewirausahaan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:00
Last Modified: 06 Mar 2020 08:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36022

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum