MANAJEMEN KADERISASI KEPEMIMPINAN ORGANISASI BIDANG EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BANGUNTAPAN

Luluk Nur Laili, NIM,: 15490083 (2019) MANAJEMEN KADERISASI KEPEMIMPINAN ORGANISASI BIDANG EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KADERISASI KEPEMIMPINAN ORGANISASI BIDANG EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BANGUNTAPAN)
15490083_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KADERISASI KEPEMIMPINAN ORGANISASI BIDANG EKSTRAKURIKULER KEROHANIAN ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI I BANGUNTAPAN)
15490083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Luluk Nur Laili, “Manajemen Kaderisasi Kepemimpinan Organisasi Bidang Ekstrakurikuler Kerohanian Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banguntapan”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Proses pengkaderisasian organisasi kerohanian Islam di SMAN 1 Banguntapan masih terdapat berbagai permasalahan sehingga kurang bisa mencapai tujuan organisasi. Manajemen kaderisasi organisasi kerohanian Islam kurang transparan dan adanya beberapa anggota yang tidak berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler Rohis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui karakteristik anggota dalam kepemimpinan organisasi bidang ekstrakurikuler Kerohanian Islam, (2) mengetahui manajemen kaderisasi kepemimpinan organisasi bidang ekstrakurikuler Kerohanian Islam, serta (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen kaderisasi kepemimpinan organisasi bidang ekstrakurikuler Kerohanian Islam. Desain penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini ialah Kepala Sekolah, pembina ekstrakurikuler Rohis, ketua umum Rohis, ketua ikhwan Rohis, ketua akhwat Rohis, dan divisi pendidikan Rohis. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan mereduksi data menggunakan transcript, coding, grouping, comparing dan contrasting. Hasil penelitian ini ialah (1) karakteristik calon anggota dalam kepemimpinan organisasi bidang ekstrakurikuler kerohanian Islam, ialah jujur dan bertanggung jawab, taat beragama, berjiwa kepemimpinan, berkomitmen tinggi, serta berakhlakul karimah, (2) manajemen kaderisasi kepemimpinan organisasi bidang ekstrakurikuler kerohanian Islam meliputi planning, organizing, actuating, dan controlling, serta (3) faktor pendukung dan penghambat manajemen kaderisasi kepemimpinanorganisasi bidang ekstrakurikuler kerohanian Islam : a) Faktor pendukung adalah dana saat kaderisasi berlangsung sangat mencukupi, banyaknya dukungan dari kepala sekolah dan guru-guru di SMAN 1 Banguntapan, serta banyak yang ingin menjadi pengurus Rohis Khidmatul Ummah b) Faktor penghambat adalah kurangnya pengurus inti dalam penunjukan kepemimpinan Rohis Khidmatul Ummah, daftar pertanyaan untuk mewawancarai calon ketua Rohis belum disiapkan dengan baik, dan kurangnya sarana prasarana ketika proses wawancara kepada calon ketua Rohis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Misbah Ulmunir, M.Si
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kaderisasi, Kepemimpinan, Kerohanian Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 08:17
Last Modified: 06 Mar 2020 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36024

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum