PENINGKATAN EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI MELALUI PEMBINAAN DISIPLIN KERJA DI KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH)

FENY RAHMAWATI, NIM: 15490097 (2019) PENINGKATAN EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI MELALUI PEMBINAAN DISIPLIN KERJA DI KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI MELALUI PEMBINAAN DISIPLIN KERJA DI KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH))
15490097_BAB I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI MELALUI PEMBINAAN DISIPLIN KERJA DI KANTOR DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH))
15490097_BAB II _sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Feny Rahmawati. Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Pembinaan Disiplin Kerja Di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPAD DIY). Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (PAR) Participatory Action Research yang dilatarbelakangi oleh adanya masalah berupa rendahnya kinerja pegawai. Penelitian ini didasarkan pada teori Veithzal, kinerja merupakan perilaku yang nyata yang ditampilkan setiap pegawai sebagai prestasi kerja yang dihasilkan sesuai perannya dalam organisasi. Kinerja pegawai dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu motivasi, disiplin, kepemimpinan, suasana kerja, kompetensi dan lainnya. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPAD DIY), dengan sampel sebesar 87 pegawai dari populasi 112 pegawai. Pengambilan sampel berdasarkan pada kaidah probability sampling dengan metode stratified random sampling. Variabel dalam penelitian ini menggunakan satu variabel yaitu kinerja pegawai. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu kuesioner, observasi, indepth interviews, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data ialah menggunakan analisis deskriptif, analisis tabel silang (crosstab) dan uji t-Paired dengan bantuan SPSS (Statistical Product and Social Sciences) versi 22. Hasil distribusi frekuensi data kinerja pegawai sebelum adanya tindakan pembinaan disiplin kerja (pretest), yaitu mayoritas responden xiii adalah pegawai dengan tingkat kategori kinerja sedang 64 pegawai atau 74%, kemudian 13 pegawai atau 15% memiliki tingkat kinerja tinggi dan dengan kategori tingkat kinerja rendah yaitu 10 pegawai atau 11%. Dan dari hasil distribusi frekuensi data kinerja pegawai sesudah adanya tindakan pembinaan disiplin kerja (postest), yaitu mayoritas adalah pegawai dengan tingkat kategori kinerja sedang yaitu 60 pegawai atau 60%, pegawai dengan kategori tingkat kinerja rendah 12 pegawai atau 14% dan sisanya mengalami peningkatan dari sebelum adanya tindakan yaitu sebanyak 15 pegawai atau 17% menyatakan tingkat kategori kinerja tinggi. Hasil Paired Samples Corelations menunjukkan pembinaan disiplin kerja mempunyai korelasi yang signifikan karena nilai sig. 0.000 < α 0.05. Sementara itu, nilai korelasi sebesar 0.763 yang artinya terdapat hubungan yang kuat karena berada pada interval 0.60-0.799. Terdapat peningkatan signifikan pada kinerja pegawai Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY sebelum dilaksanakan tindakan pembinaan disiplin kerja dan sesudah dilaksanakan tindakan pembinaan disiplin kerja dibuktikan dengan angka signifikansi sebesar 0.000 yang artinya lebih kecil dari α 0.05 (ρ < α 0.05) pada angka kepercayaan 95%. Penerapan tindakan pembinaan disiplin kerja dapat meningkatkan kinerja pegawai sebesar 4.1 poin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag., MA.,
Uncontrolled Keywords: kinerja pegawai, disiplin kerja.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Mar 2020 12:37
Last Modified: 06 Mar 2020 12:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum