PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS VII DI MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

HEIKAL SYAH ALAM, NIM.14410175 (2019) PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS VII DI MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS VII DI MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14410175_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ SISWA KELAS VII DI MTs NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14410175_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

HEIKAL SYAH ALAM. Pengaruh Regulasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq Siswa Kelas VII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya siswa yang belum memiiki regulasi diri dalam belajar seperti tidak bisa mengelola waktu dengan baik karena padatnya aktivitas diluar jam sekolah, banyak yang tidak mengerjakan tugas akhirnya kurang disiplin dalam mengumpulkan, kurang ada rasa minat terhadap pelajaran di sekolah karena diulang lagi dalam pelajaran diniyah. Hal tersebut berdampak pada prestasi belajar aqidah akhlaq yang tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan tingkat prestasi belajar aqidah siswa kelas VII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, (2) mendiskripsikan tingkat regulasi diri siswa kelas VII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, dan (3) menguji secara empiris pengaruh antara regulasi diri dengan prestasi belajar aqidah akhlaq siswa kelas VII Di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi ini adalah siswa kelas VII MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang berjumlah 42 siswa, dan pengambilan sampel untuk penelitian yaitu semua kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/ kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil uji validitas instrument regulasi diri menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 27 butir yang terbukti valid. Sedangkan hasil analisis realibitas instrument regulasi diri menunjukkan koefisien realibilitas sebesar 0,748. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan teknik analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) regulasi diri di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta berada dalam kategori cukup baik berdasarkan analisis deskripstif sebesar 64% berada dalam kelompok skor 55-67 yang menunjukkan kriteria cukup baik. 2) prestasi belajar aqidah akhlaq siswa kelas VII di MTs Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta cukup baik berdasarkan analisis deskriptif sebesar 62% berada dalam kelompok skor 79-88 yang menunjukkan kriteria cukup baik. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pengaruh regulasi diri terhadap prestasi belajar aqidah akhlaq siswa dimana apabila regulasi diri meningkat sebesar 1 satuan maka prestasi belajar aqidah akhlaq siswa akan meningkat sebesar 0,653. Sumbangan variabel independen ( variabel regulasi diri) dalam pengaruhnya terhadap naik turunnya variabel dependen ( variabel prestasi belajar aqidah akhalq) adalah sebesar 63,4% dan sisanya sebesar 36,6% merupakan sumbangan-sumbangan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model (tidak diteliti) dan tergabung dalam variabel pengganggu dalam model regresi linier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, Prestasi Belajar Aqidah Akhlaq
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 09:51
Last Modified: 09 Mar 2020 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36032

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum