PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV-A SD SENDANGSARI PAJANGAN

Eri Susanto, NIM.14480025 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV-A SD SENDANGSARI PAJANGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV-A SD SENDANGSARI PAJANGAN)
16Y315~X.PDF - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV-A SD SENDANGSARI PAJANGAN)
14480025_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Eri Susanto, “Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV-A SD Sendangsari Pajangan”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Siswa kelas IV-A SD Sendangsari mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika utamanya materi bangun datar yang menurut walikelas nilai ulangan harian dan nilai PAT nya tergolong dibawah KKM. Disamping itu guru dalam pembelajaran masih cenderung Teacher Centris. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV-A SD Sendangsari Pajangan, (2) seberapa besar sumbangan pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar siswa kelas IV-A SD Sendangsari Pajangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Sendangsari Pajangan yaitu sejumlah 56 anak, sedangkan sampelnya berjumlah 27 anak, dengan teknik Purposive Sampling dimana sampel ditentukan berdasarkan pertimbangan tertentu. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes formatif (pretes dan postes). Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan statistik parametrik yaitu uji t (Paired Samples Correlations) dan . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas IV-A SD Sendangsari Pajangan, hal ini dibuktikan dengan uji t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) dengan p-value sebesar 0,039. Hal ini menunjukkan bahwa α = 0,05 lebih besar atau sama dengan nilai Sig.(2-tailed) atau (0,05 ≥ 0,039), maka ditolak dan diterima. Artinya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas IV-A SD Sendangsari Pajangan, (2) besarnya sumbangan pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas IV-A SD Sendangsari Pajangan sebesar 0,154 atau 15,4%. Sisanya sebesar 84,6% disebabkan oleh faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, SAVI, Bangun Datar, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:19
Last Modified: 19 Jul 2022 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum