PENOLAKAN DISPENSASI NIKAH OLEH HAKIM PENGADILAN AGAMA BANJARNEGARA (STUDI YURIDIS SOSIOLOGIS PERKARA NOMOR 134/Pdt.P/2017/PA.Ba)

HALIMATUS SA' DIAH, NIM. 14350035 (2019) PENOLAKAN DISPENSASI NIKAH OLEH HAKIM PENGADILAN AGAMA BANJARNEGARA (STUDI YURIDIS SOSIOLOGIS PERKARA NOMOR 134/Pdt.P/2017/PA.Ba). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
14350035_BAB-1_BAB-TERAKHIR_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
14350035_BAB-II_S.D_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (581kB)

Abstract

Menikah di bawah umur sangat rentan terhadap timbulnya berbagai masalah dalam kehidupan berumah tangga, sehingga dapat berakibat tidak tercapainya tujuan perkawinan itu sendiri. Dengan kata lain, menikah di bawah umur bisa bertentangan dengan tujuan hukum Islam. Pada keadaan yang dilematis ini hakim Pengadilan Agama Banjarnegara sebagai pihak yang berwenang dituntut untuk memutuskan mana yang lebih maslahah antara menuruti keinginan orang tua untuk menikahkan anaknya yang masih di bawah umur atau memberi kesempatan anak untuk tetap melanjutkan pendidikannya. Penelitian ini penting untuk mengetahui apakah dasar hukum, pertimbangan hukum, penetapan hukum yang digunakan hakim pada perkara permohonan dispensasi nikah No. 134/Pdt.P/2017/PA.Ba, dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pertimbangan hakim pada perkara No. 134/Pdt.P/2017/PA.Ba ini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang sifat penelitiannya deskriptif-analitik. Subyek penelitian ini adalah Majelis Hakim Pengadilan Agama Banjarnegara yang menangani kasus ini dan calon mempelai yang bersangkutan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis induktif dan deduktif. Analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dasar hukum, pertimbangan hukum, dan penetapan hukum yang digunakan oleh Majelis Hakim lebih didasarkan pada hukum positif, yakni Undang-Undang No. 1 Pasal 7 ayat (1) Tahun 1974 dan Pasal 53 ayat (1) Kompilasi Hukum Islam. Dari segi hukum Islamnya sudah sesuai hukum Islam karena tidak menyimpang dari ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. KHOIRUDDIN NASUTION, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pernikahan di bawah umur, kabupaten Banjarnegara, dasar hukum.
Subjects: Hukum Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:25
Last Modified: 09 Mar 2020 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum