KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN DASAR MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI MI SWASTA SE-KECAMATAN KARANGANOM

Amelia Puspaningrum, NIM. 15480024 (2019) KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN DASAR MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI MI SWASTA SE-KECAMATAN KARANGANOM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN DASAR MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI MI SWASTA SE-KECAMATAN KARANGANOM)
15480024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KETERAMPILAN DASAR MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN DI MI SWASTA SE-KECAMATAN KARANGANOM)
15480024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Amelia Puspaningrum, “Kemampuan Guru dalam Menerapkan Keterampilan Dasar Membuka dan Menutup Pelajaran di MI Swasta se- Kecamatan Karanganom”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Guru sering salah dalam mengartikan maksud kegiatan membuka dan menutup pelajaran. Membuka pelajaran dimaksudkan untuk menyiapkan mental peserta didik sedangkan menutup pelajaran dimaksudkan untuk memberi gambaran kepada siswa tentang apa yang telah dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran di MI swasta se-Kecamatan Karanganom. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru di MI swasta se-Kecamatan Karanganom berkumlah 10 guru dengan lama mengajar kurang dari 5 tahun. Teknik pengumpulan data pada penelelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model Miles and Huberman meliputi mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data serta analisis kuantitatif dengan teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran di MI swasta se-Kecamatan Karanganom termasuk dalam kategori baik dengan skor “30,95”. Kemampuan membangkitkan perhatian siswa termasuk dalam kategori baik. Kemampuan menimbulkan motivasi termasuk dalam kategori baik. Kemampuan memberi acuan atau struktur termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan menunjukkan kaitan termasuk dalam kategori baik. Kemampuan meninjau kembali termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan mengevaluasi termask dalam kategori baik. Kemampuan memberi dorongan psikologis atau sosial termasuk dalam kategori baik dan kemampuan mengadakan tindak lanjut termasuk dalam kategori kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: guru, belajar-mengajar, keterampilan dasar mengajar, membuka dan menutup pelajaran
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Mar 2020 09:26
Last Modified: 09 Mar 2020 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum