EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO

Novi Hapsari, NIM : 15480095 (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO)
15480095_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II DI SD MUHAMMADIYAH KARANGBENDO)
15480095_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Novi Hapsari, “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Peserta Didik Kelas II di SD Muhammadiyah Karangbendo”. Yogyakarta Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Karangbendo mengalami kesulitan pada penyelesaian soal cerita matematika yang melibatkan operasi bilangan perkalian dan pembagian. Sehingga diberi alat peraga dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga manipulatif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Alat peraga yang digunakan dalam penyelesaian soal cerita matematika yang melibatkan operasi bilangan perkalian dan pembagian yaitu alat peraga manipulatif berupa gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 peserta didik (kelas IIA) dan 28 peserta didik (kelas IIB). Tenik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes uraian. Analisis data yang digunakan berupa statistik non- parametrik untuk data pretest yaitu uji Mann Whitney dan statistik parametrik untuk data posttest yaitu uji-t (independent samples ttest) dan uji efektivitas menggunakan gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik yang menggunakan alat peraga manipulatif berupa gambar dengan peserta didik yang tidak menggunakan alat peraga. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan uji-t (independent samples ttest) skor posttest yang menyatakan nilai Asymp.Sig(2- tailed)=0,003 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. 2) Penggunaan alat peraga manipulatif efektif terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika peserta didik ix kelas II di SD Muhammadiyah Karangbendo. Keefektifan tersebut dapat dilihat dari perhitungan uji gain ternormalisasi yang artinya ada peningkatan dan perkembangan kemampuan menyelesaikan soal cerita peserta didik pada kelas ekperimen yang ditunjukkan oleh rata-rata normalisasi gain sebesar 0,73 yang diinterpretasikan dalam kategori tinggi, dan 92,86% atau 26 dari 28 peserta didik pada kelas eksperimen telah mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Manipulatif Berupa Gambar, Soal Cerita, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:56
Last Modified: 10 Mar 2020 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36069

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum