MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BUKU AGAMA ISLAM DI PERPUSTAKAAN DAERAH KULON PROGO DENGAN METODE SMART READING

LUTVIYANA NUR HIDAYAH, NIM. 15410196 (2019) MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BUKU AGAMA ISLAM DI PERPUSTAKAAN DAERAH KULON PROGO DENGAN METODE SMART READING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BUKU AGAMA ISLAM DI PERPUSTAKAAN DAERAH KULON PROGO DENGAN METODE SMART READING)
15410196_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA BUKU AGAMA ISLAM DI PERPUSTAKAAN DAERAH KULON PROGO DENGAN METODE SMART READING)
15410196_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

LUTVIYANA NUR HIDAYAH. Model Peningkatan Kemampuan Membaca Buku Agama Islam di Perpustakaan Daerah Kulon Progo Dengan Metode Smart Reading. Skripsi. Yogyakarta: Prpgram Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca masyarakat. Rendahnya kemampuan membaca tadi disebabkan oleh banyak faktor diantaranya adalah rendahnya tingkat konsentrasi, rasa malas, kebiasaan membaca buku yang rendah dan beberapa faktor eksternal lainnya seperti lingkungan yang kurang memadai dan juga kurangnya fasilitas yang ada. Sebagai salah satu usaha mengatasi masalah tersebut harus menggunakan suatu metode yang tepat yang disebut dengan metode smart reading. Smart reading ini dikemas dalam bentuk pelatihan yang baik dan tepat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Penelitian melibatkan seluruh anggota dari Lembaga GIC Smart Reading Yogyakarta, para peserta dan orang tua peserta, dan juga pihak-pihak yang terlibat dalam kerja sama dengan lembaga GIC Smart Reading Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Desember 2018-Januari 2019. Peningkatan kemampuan membaca dengan pendekatan metode smart reading berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta. Hal ini terbukti dari penilaian kecepatan membaca dan tingkat pemahaman peserta terhadap buku yang dibaca. Kecepatan membaca rata-rata peserta adalah lebih dari 14.000 kata per menit dan pemahaman membaca membaca peserta 91% dilihat dari hasil menjelaskan kembali melalui tulisan dan juga lisan. Melihat hasil dari penelitian ini, metode smart reading dapat membantu meningkatkan kemampuan membaca peserta GIC Smart Reading Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Smart Reading, Kemampuan membaca, Buku Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 13:44
Last Modified: 10 Mar 2020 09:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum