KORELASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

Nurul Hikmah, 15420062 (2019) KORELASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERATURAN DAERAH KABUPATEN BIMA NO. 4 TAHUN 2013 TENTANG JUM’AT KHUSYU’ PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH)
15370016_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KORELASI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS VIII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Nurul Hikmah, 15420062, Korelasi Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dengan Keterampilan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII MTs N 2 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa ArabFakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur‟an dengan kemampuan membaca teks Arab siswa kelas VIII MTs N 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan jenis penelitian nya adalah penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 2 Bantul dengan menggunakan tehnik acak atau random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis regresi sederhana dengan bantuan software SPSS. Analisis regresi yang digunakan adalah dengan melihat output coeeficient, output anova, serta output model summary. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) nilai rata-rata kemampuan menghafal Al-Qur‟an termasuk dalam kategori baik dengan nilai 72,00. 2) nilai rata-rata tes kemampuan membaca teks Arab termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai 66,63. 3) terdapat pengaruh yang signifikasi antara kemampuan menghafal Al-Qur‟an dengan keterampilan membaca teks Arab ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 pada uji Anova, dengan intrepretasi pengaruh yang sangat kuat antara kedua variabel dengan nilai R = 0,907 pada uji Summary. Adapun prosentase pengaruh kedua variabel dilihat dari nilai R square = 0,823, yaitu 82,3%. Dapat disimpulkan bahwa semakin baik siswa dalam menghafal Al-Qur‟an, maka baik pula keterampilan membaca teks Arabnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an, Membaca Teks Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Jul 2019 14:33
Last Modified: 10 Mar 2020 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36097

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum