UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI RA AR-RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA

Hanik Mari’a, NIM: 15430038 (2019) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI RA AR-RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI RA AR-RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15430038 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENGGAMBAR ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI RA AR-RAFIF KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15430038 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Hanik Mari’a. 15430038. Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Menggambar Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Ar-Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji upaya, peran guru dalam mengembangkan kreativitas serta mengkaji pendukung dan penghambat pengembangan kreativitas menggambar anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar belakang upaya guru dalam mengembangkan kreativitas menggambar anak usia 4-5 tahun di RA Ar-Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan anak didik di RA Ar-Rafif. Adapun pengambilan data dengan melakukan observasi (pengamatan), wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan tersusun secara sistematis kemudian ditarik kesimpulan dan mengecek keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru dalam mengembangkan kreativitas menggambar anak di RA Ar-Rafif melalui pribadi, pendorong, proses, pembiasaan, reward/hadiah, pendekatan dengan anak, komunikasi dan kerjasama dengan orangtua untuk menumbuhkan kreativitas menggambar dirumah. Sedangkan implementasi dalam proses pembelajaran di sentra: yaitu: sentra bahan alam, peran, balok, persiapan. Kedua, peran Guru dalam mengembangkan kreativitas menggambar anak di RA Ar-Rafif Kalasan Sleman Yogyakarta tersebut sebagai berikut: peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai, pendorong kreativitas, penasihat, pembaharu, model dan teladan, pribadi, peneliti, pembangkit pandangan, pekerja rutin, pembawa cerita, aktor, Emansipator, Evaluator, Pengawet, dan Kulminator. Ketiga, faktor pendukung disekolah yang dapat mempercepat dalam mengembangkan kreativitas menggambar anak usia dini di RA Ar-Rafif yaitu: Manajemen waktu, kematangan usia, kondisi lingkungan disekolah, sarana prasarana, dan faktor interen dalam diri anak. Sedangkan Faktor penghambat dalam pengembangan kreativitas menggambar anak di RA Ar-Rafif yaitu : peran keluarga yang tidak singkron dengan pengembangan kreativitas menggambar disekolah dan rasa emosional yang berlebihan sehinnga anak tidak bisa berimajinasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Khamim Zarkasih Putro, M.Si
Uncontrolled Keywords: upaya guru, kreativitas, anak usia dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Mar 2020 09:04
Last Modified: 10 Mar 2020 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum