PERANAN TOKOH AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL KOMUNITAS PEMULUNG DI KAMPUNG SIDOMULYO KECAMATAN TEGALREJO KODYA YOGYAKARTA

WIDAYAT SULISTYANTO, NIM.00540314 (2007) PERANAN TOKOH AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL KOMUNITAS PEMULUNG DI KAMPUNG SIDOMULYO KECAMATAN TEGALREJO KODYA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN TOKOH AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL KOMUNITAS PEMULUNG DI KAMPUNG SIDOMULYO KECAMATAN TEGALREJO KODYA YOGYAKARTA)
00540314 BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERANAN TOKOH AGAMA DALAM PERUBAHAN SOSIAL KOMUNITAS PEMULUNG DI KAMPUNG SIDOMULYO KECAMATAN TEGALREJO KODYA YOGYAKARTA)
00540314 BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Ajaran agama tidak hanya memuat nilai-nilai yang mengatur hubungan antara man usia dengan Sang Pencipta, akan tetapi di dalamnya juga termuat nilai nilai yang mengatur hubungan antara manusia dengan sesamanya. Sebagai agama yang rahmatan lil alamin tentu saja ajaran agama Islam menjangkau seluruh aspek kehidupan, termasuk aspek sosial kemasyarakatan. Setiap saat kehidupan manusia bisa mengalami perubahan. Perubahan tersebut dapat berarti lebih baik, akan tetapi bisa juga lebih buruk. Menghadapi situasi seperti ini agama sangat dituntut peranannya untuk menjaga supaya masyarakat senantiasa bergerak ke arah yang lebih baik. Salah satu wujud dari perubahan kondisi masyarakat ini bisa dilihat dalam kehidupan masyarakat kampung Sidomulyo. Kampung Sidomulyo ini dahulu merupakan kampung yang sarat dengan berbagai kegiatan kemaksiatan, akan tetapi keadaan saat ini sudah berubah, kebiasaan-kebiasaan buruk yang dahulu sering dilakukan kini mulai ditinggalkan. Perubahan ini tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah peranan dari tokoh-tokoh agama. Seberapa besar tokoh agama ini memberikan peranannya, apa saja yang telah dilakukannya sehingga teijadi perubahan inilah yang menjadi fokus dari penelitian yang penulis lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran bahwa agama melalui tokoh-tokohnya mempunyai kekuatan untuk melakukan perubahan sosial. Kajian mengenai peranan agama ini tidak bisa lepas dari kajian mengenai fungsi-fungsi dari agama, maka pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fungsionalisme. Pendekatan ini menitikberatkan pada sumbangan yang diberikan agama dalam mempertahankan keutuhan masyarakat sebagai usaha yang aktif dan beijalan terus menerus. Hal ini sangat relevan dengan kajian mengenai peranan tokoh agarna dalam perubahan sosial di karnpung Sidomulyo ini. Objek dari penelitian ini adalah komunias pemulung yang ada di kampong Sidomulyo. Penulis memilih pemulung sebagai objek kajian karena perubahan yang begitu terlihat ada dalam diri komunitas pemulung ini. Kehidupan pemulung yang semula dicap buruk oleh masyarakat sekitar karena sikap dan tingkah laku mereka yang kurang baik kini mulai berubah. Hal ini juga disebabkan karena mereka mau merubah diri. Perubahan ini narnpak jelas dari sikap dan perilaku yang mereka tunj ukan dalarn kehidupan bermasyarakat. Dari hasil penelitian terungkap bahwa tokoh-tokoh agama berperan aktif dalam membangun kehidupan masyarakat. Sejak awal tokoh-tokoh agama telah berusaha menanamkan pengetahuan agama kepada masyarakat dan berkat pengetahuan agarna dari masyarakat dari masyarakat yang semakin meningkat ini yang mendorong tetjadinya perubahan sosial. Dengan dernikian dapat disimpulkan tokoh agama memiliki peranan yang sangat besar terhadap terjadinya perubahan sosialyang terjadi di kampung Sidomulyo ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nafilah Abdullah, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: tokoh agama, perubahan social, komunitas pemulung, sidomulyo kecamatan tegalrejo
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Jul 2019 14:10
Last Modified: 26 Jul 2019 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum