PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) DALAM UPAYA OPTIMALISASI PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS

OMIGA CHABIBA, NIM: 15380063 (2019) PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) DALAM UPAYA OPTIMALISASI PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) DALAM UPAYA OPTIMALISASI PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS)
15380063_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) DALAM UPAYA OPTIMALISASI PENGELOLAAN ZAKAT DI BAZNAS KABUPATEN BANYUMAS)
15380063_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Zakat bagi umat Islam, khususnya di Indonesia, dan bahkan juga di dunia Islam pada umumnya, sudah diyakini sebagai bagian pokok ajaran Islam yang harus ditunaikan. Hal ini didukung dengan adanya perkembangan aplikasi pengelolaan zakat yang dikembangkan oleh BAZNAS Pusat dalam rangka meningkatkan dan optimalisasi pengelolaan zakat. Dengan adanya aplikasi Sistem Informasi Manajemen Badan Amil Zakat Nasional (SIMBA), BAZNAS Kabupaten Banyumas akan lebih mudah dalam melakukan pengelolaan zakat. Dengan demikian, pengelolaan zakat akan menjadi lebih efektif, efisien, dan transparan yang akan menumbuhkan kepercayaan kepada muzakki untuk menyalurkan zakatnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan Sistem Informasi Manajemen Badan Amil Zakat Nasional (SIMBA) Kabupaten Banyumas. Desain yang digunakan peneliti dalam penelitian ini bersifat deskriptif-kualitatif yang diperoleh berdasarkan data dan hasil wawancara yang ada di BAZNAS Kabupaten Banyumas, wawancara dengan muzakki, dan muatahik yang kemudian dianalisis untuk mengkolerasikan dengan pengelolaan zakat dan dampaknya dalam hukum Islam. Peneliti menggunakan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS Kabupaten Banyumas telah menerapkan Sistem Informasi Manajemen dalam melakukan pengelolaan zakat. Penerapan SIMBA sudah berjalan secara optimal, karena sudah terpenuhinya sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai. Dengan adanya SIMBA, BAZNAS Kabupaten Banyumas lebih mudah untuk melakukan pelaporan, khususnya dalam hal pelaporan data muzakki, mustahik dan administrasi. Dengan penggunaan SIMBA, para muzakki akan mendapat npwz dan bukti stor zakat yang bisa dijadikan sebagai pengurang pajak, serta muzakki dapat meminta track record donasi yang pernah disetor di BAZNAS Kabupaten Banyumas. Akan tetapi para muzakki dan mustahik tidak dapat mengakses SIMBA secara langsung karena sistem informasi manajemen ini hanya dapat diakses oleh BAZNAS saja. Meskipun demikian, dalam pelaksanaannya BAZNAS Kabupaten Banyumas terus mengupayakan untuk melakukan sosialisasi dan edukasi supaya para muzakki dan mustahik dapat mengakses SIMBA melalui muzakki corner untuk melihat pelaporan setiap bulannya secara detail dan rinci. Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen Badan Amil Zakat Naional, Pengelolaan Zakat, Hukum Islam, BAZNAS Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAIFUDDIN, S.HI., M.SI.
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Badan Amil Zakat Naional, Pengelolaan Zakat, Hukum Islam, BAZNAS Kabupaten Banyumas.
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Mar 2020 10:03
Last Modified: 11 Mar 2020 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36146

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum