PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI ONLINE DI BUKALAPAK

HANDIKA ADITYA SAPUTRA, NIM: 15340048 (2019) PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI ONLINE DI BUKALAPAK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI ONLINE DI BUKALAPAK)
15340048_BAB-I_IV-atau-BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM TRANSAKSI ONLINE DI BUKALAPAK)
15340048_BAB-II_Sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Bukalapak merupakan salah satu situs jual beli online berbasis aplikasi yang termasuk dalam salah satu e-comerce terbesar di Indonesia. Dalam perjalannanya, Bukalapak yang merupakan perusahaan swasta ini mengalami berbagai permasalahan dalam transaksi elektronik. Dalam transaksi, seringnya terjadi ketidaksesuain barang dengan deskripsi baik barang cacat, komponen maupun jumlah barang kurang. Dalam proses penyelesaiannya, Bukalapak memiliki fitur komplain sebagai solusi dari permasalahan yang timbul diatas, oleh karena itu menimbulkan ketertarikan untuk melakukan penelitian proses penyelesaian wanprestasi transaksi online di Bukalapak sekaligus melakukan analisis yuridiksi dari penyelesaian wanprestasi transaksi online di Bukalapak dengan ketententuan undang-undang yang berlaku. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan melakukan wawancara kepada penjual yang pernah mengalami permasalahan transaksi di Bukalapak. Dengan menggunakan teori penyelesaian sengketa dengan menggunakan dasar hukum perjanjian, wanprestasi, dan alternatif penyelesaian sengketa hasil wawancara tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode deskriptif analistis. Hasil penelitian, penjual dan pembeli memiliki keleluasaan dalam penentuan penyelesaian permasalahan, baik diselesaikan diluar maupun didalam sistem atau aplikasi Bukalapak. Para pihak yang memilih menggunakan fitur komplain memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga nama baik para pihak dengan menahan kritik, saran, maupun feedback dalam bentuk apapun sampai permasalahan diselesaikan. Penyelesaian melalui fitur komplain terbatas pada solusi pengembalian uang, penggantian barang, dan penambahan barang maupun komponen yang kurang. Kata kunci : Penyelesaian sengketa alternatif, e-commerce, negosiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Penyelesaian sengketa alternatif, e-commerce, negosiasi
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:32
Last Modified: 12 Mar 2020 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum