IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD IT UKHUWAH ISLAMIYAH KALASAN

Alfiyatun Khasanah, NIM: 13480034 (2019) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD IT UKHUWAH ISLAMIYAH KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD IT UKHUWAH ISLAMIYAH KALASAN)
13480034_BAB-I-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD IT UKHUWAH ISLAMIYAH KALASAN)
13480034_BAB II_sampai_SEBELUM- BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Alfiyatun Khasanah, “Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur‟an di SD IT Ukhuwah Islamiyah Kalasan”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi metode Ummi di SD IT Ukhuwah Islamiyah Kalasan. 2) Bagaimana karakteritik metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur‟an di SD IT Ukhuwah Islamiyah Kalasan. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur‟an di SD IT Ukhuwah Islamiyah Kalasan. 4) Bagaimana hasil pembelajaran Al-Qur‟an menggunakan metode Ummi di SD IT Ukhuwah Islamiyah Kalasan. Desain penelitian ini adalah penelitian lapangan (field- research) dan jenis pendekatan deskriptif-kualitatif dengan mengambil latar di SD IT Ukhuwah Islamiyah Kalasan. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data dengan cara mengumpulkan berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Adapun triangulasi dyang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur‟an di SD IT Ukhuwah Islamiyah Kalasan dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan metode Ummi yaitu pembukaan di pimpin oleh pengajar Ummi, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, penutup. 2) Metode Ummi memiliki karakteristik mudah, menyenangkan, dan menyentuh hati. Perbedaan metode Ummi dengan metode sebelumnya diantaranya metode Ummi memiliki sistem mutu yang baik, adanya standarisasi pengajar Al-Qur‟an, tahapan pembelajaran yang jelas, sistem pembelajaran yang ketat, buku-buku jilid Ummi hanya bisa di beli di Ummi Daerah atau Ummi Foundation serta dalam mengajarkan Al-Qur‟an menggunakan nada atau lagu. 3) Faktor pendukung dalam implementasi metode Ummi dalam pembelajaran AlQ-ur‟an diantaranya pengajar Ummi sudah 75% bersertifikasi, minat peserta didik yang tinggi, kelengkapan sarana dan prasarana, serta pembagian kelompok belajar yang baik. Sedangkan faktor penghambat diantaranya rasio pengajar dan peserta didik yang belum proposional, belum adanya pemanfatan teknologi, belum adanya penelitian tindakan kelas, karakteristik peserta didik, kurangnya stok buku jilid Ummi, belum adanya pengukuhan dari yayasan serta kurangnya dukungan dari orang tua peserta didik. 4) Hasil pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode Ummi menunjukkan peningkatan setiap tahunnya. Pada tahun 2016 SD IT Ukhuwah Islamiyah meluluskan 9 peserta didik pada munaqosyah tartil, tahun 2017 meluluskan 21 peserta didik pada munaqosyah tartil dan pada tahun 2019 meluluskan 23 peserta didik pada munaqosyah tartil, 21 peserta didik pada munaqosyah tahfidz juz 30 dan 2 peserta didik pada munaqosyah tahfidz juz 29. Kata Kunci : Implementasi Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur‟an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ibu Rohinah, S.Pd.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Ummi, Pembelajaran Al-Qur‟an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:37
Last Modified: 12 Mar 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36185

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum