PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDẒ AL-QUR'ĀN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAGHDADIYAH DI KELAS I MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

Azis Dwi Utomo, NIM: 14480024 (2019) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDẒ AL-QUR'ĀN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAGHDADIYAH DI KELAS I MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDẒ AL-QUR'ĀN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAGHDADIYAH DI KELAS I MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
14480024_BAB I_ V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDẒ AL-QUR'ĀN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAGHDADIYAH DI KELAS I MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
14480024_BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

AZIS DWI UTOMO, “Pelaksanaan Program Tahfidẓ Al-Qur'ān Dengan Menggunakan Metode Baghdadiyah Di Kelas I MI Ma‟arif Bego Maguwoharjo Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Salah satu masalah penting dalam pendidikan Islam adalah mendidik anak-anak dengan membaca dan menghafal al-Qur'ān. Mendidik anak-anak membaca al-Qur'ān diyakini oleh setiap muslim sebagai salah satu kewajiban dalam Islam. Oleh karena itu, anak-anak usia 4 sampai 6 tahun umumnya telah diwajibkan oleh orang tuanya untuk mengaji (belajar membaca al-Qur'ān) kepada ustadż atau diajarkan sendiri di rumah. Namun salah satu masalah dalam belajar al-Qur'ān adalah tidak semua umat muslim di Indonesia menguasai bahasa Arab yang mana merupakan bahasa dalam al-Qur'ān. Maka dari itu perlu adanya metode atau strategi tertentu untuk memudahkan anak-anak mampu membaca al-Qur'ān dengan baik dan benar agar lebih mudah juga untuk menghafalnya. Salah satunya adalah adanya pelaksanaan program tahfidẓ al-Qur'ān yang ada di kelas I MI Ma‟arif Bego Maguwoharjo Sleman. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui proses pelaksanaan program tahfidẓ yang ada di di MI Ma‟arif Bego Maguwoharjo Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dan berlokasi di MI Ma‟arif Bego Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini meliputi: (1) proses pelaksanaan tahfidz di kelas I MI Ma‟arif Bego, yang telah menggunakan metode Baghdadiyah sebagai metode yang mendukung kegiatan program tahfidẓ di kelas I MI Ma‟arif Bego. Keunggulan dari metode Baghdadiyah ini adalah melatih peserta didik dalam pengucapan makhorijul huruf secara berulang-ulang dengan benar dan tepat. viii Harapannya peserta didik dapat membaca al-Qur'ān dengan baik dan benar agar memudahkan peserta didik untuk kemudian menghafalnya, dengan tujuan mencetak generasi penghafal al-Qur'ān yang baik dan benar. (2) Adanya hasil temuan dari penelitian ini yaitu memiliki kesamaan karakteristik antara kegiatan tahfidẓ dengan metode Baghdadiyah di MI Ma‟arif Bego dengan metode tahfidẓ lainnya, seperti metode Wahdah, Kitabah, Sama’i, Bin-Nazhar, Tahfizh, Talaqqi, dan juga Takrir. Serta (3) Faktor pendukung dan penghambat bagi pelaksanaan program tahfidz al-Qur‟an dengan menggunakan metode Baghdadiyah di kelas I MI Ma‟arif Bego. Faktor pendukung bagi pelaksanaan program tahfidz al-Qur’an dengan menggunakan metode Baghdadiyah di MI Ma‟arif Bego antara lain adanya dukungan penuh dari pihak yayasan, adanya sholat dhuha berjamaah, adanya niat yang benardan ikhlas, fasilitas penunjang dan media yang memadai, dan juga adanya pelatihan terhadap guru tahfidz. Sedangkan faktor penghabatnya antara lain kurangnya waktu pelaksanaan, kurangnya buku latihan, dan juga kurangnya sumber daya manusia untuk mengampu kegiatan tahfidz yang memenuhi standar ketentuan. Kata kunci : Pelaksanaan, Tahfidẓ Al-Qur'ān, Metode Baghdadiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd.I., M. A.
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Tahfidẓ Al-Qur'ān, Metode Baghdadiyah.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:37
Last Modified: 12 Mar 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum