PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 YOGYAKARTA KELAS III TAHUN AJARAN 2018/ 2019

Ana Riskasari, NIM: 15480089 (2019) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 YOGYAKARTA KELAS III TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 YOGYAKARTA KELAS III TAHUN AJARAN 2018/ 2019)
1540089_BAB 1_IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MIN 1 YOGYAKARTA KELAS III TAHUN AJARAN 2018/ 2019)
15480089_BAB II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Ana Riskasari, ―Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik di MIN 1 Yogyakarta Kelas III Tahun Ajaran 2018/2019‖. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Pembelajaran Tematik merupakan pembelajaran yang menggunakan tema sebagai pemersatu berbagai mata pelajaran untuk memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Tingkat keberhasilan siswa dalam pembelajaran tematik dapat dilihat dari perolehan hasil belajar. Namun berdasarkan hasil wawancara dan observasi di lapangan, peneliti menemukan beberapa peserta didik yang hasil belajarnya rendah dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh guru. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu menggunakan metode pembelajaran Outdoor Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pengaruh metode Outdoor Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik tema Cuaca di MIN 1 Yogyakarta. Bentuk desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas III sebanyak 90 orang dan menggunakan purposive sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan soal pretest-posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik parametrik berupa uji paired sample t-test. Hasil penelian menunjukkan terdapat pengaruh pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode Outdoor Learning. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired sample t test yang menunjukkan nilai (sig. 2 tailed) = 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan menggunakan metode outdoor learning di MIN 1 Yogyakarta kelas III. Kata Kunci: Pengaruh, Metode Outdoor Learning,dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode Outdoor Learning,dan Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Mar 2020 10:00
Last Modified: 13 Mar 2020 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/36200

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum